Liga Indonesia

Warga Tapal Batas Beri Pesan Berkelas buat Timnas U-22 Pasca-Juara Piala AFF

Rabu, 27 Februari 2019 16:20 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Penggawa Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai menerima medali Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Penggawa Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai menerima medali

INDOSPORT.COM - Warga perbatasan Indonesia-Malaysia di Kecamatan Badau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, merasakan kebanggaan yang tak terkira menyaksikan keberhasilan tim nasional Indonesia U-22 menjuarai Piala AFF 2019.

Dikutip ANTARA, Tokoh Masyarakat Kecamatan Badau, Heny Sudayat, mengatakan bahwa kesuksesan timnas U-22 membawa pulang trofi Piala AFF 2019 menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat di wilayah perbatasan negara. 

"Tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami yang berada di perbatasan. Sungguh prestasi yang luar biasa," kata Sudayat saat dihubungi Antara dari Putussibau, Ibu kota Kab. Kapuas Hulu, Rabu (27/2/19).

Menurutnya, rasa bangga tersebut tidak hanya sekadar atas hasil manis di final, melainkan juga karena perjuangan anak-anak bangsa yang mampu mengusung semangat rasa persatuan dan kesatuan dalam mengangkat derajat bangsa Indonesia di dunia sepak bola.

Usai menaklukan Thailand di laga final, Sudayat memaparkan bahwa timnas U -22 yang berlaga tersebut terdiri dari berbagai suku dan agama, tapi mereka sanggup menunjukkan rasa cinta tanah air tanpa memandang perbedaan.

"Atlet Timnas U -22 itu bersatu dan kompak demi merah-putih, demi bangsa Indonesia. Apalagi itu asli atlet putra anak bangsa, harus menjadi contoh bagi kita semua warga negara Indonesia," paparnya.

Meski otoritas tertinggi sepak bola Indonesia (PSSI) diterpa badai dan permasalahan hukum, semangat timnas U-22 tidak terlarut dalam pusaran itu. Justru para atlet memperlihatkan keberhasilan yang luar biasa.

Hal senada pun dikatakan warga Putussibau, Ahmad Sudarso, yang turut menyatakan kegembiraan serta pesan berkelas atas pencapaian prestasi timnas U-22.

"Kesempatan bagi kita terus meningkatkan prestasi di bidang olahraga, jangan sampai kita terlena dengan kemenangan itu," kata Ahmad.

Kendati demikian, Sudayat sangat menyayangkan kondisi perbatasan yang membuat masyarakatnya kesulitan menonton pertandingan sepak bola. Momen luar biasa ini hanya bisa disaksikan melalui live streaming Youtube, bukan secara langsung dari siaran televisi nasional.

Ikuti Terus Perkembangan Sepak bola Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

Penulis: Neneng Astrianti