Bola Internasional

5 Aturan Baru yang Bakal Mengubah Wajah Sepak Bola

Selasa, 5 Maret 2019 19:34 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© MeantToBeHappy
Ilustrasi sepak bola. Copyright: © MeantToBeHappy
Ilustrasi sepak bola.

INDOSPORT.COM – Peraturan sepak bola akan berubah pada 1 Juni 2019, berdasarkan pertemuan yang digelar oleh para petinggi IFAB memutuskan untuk membuat peraturan yang akan mulai dijalankan pada musim panas 2019 hingga seterusnya.

Sekedar informasi, International Football Association Board atau IFAB merupakan badan kepengurusan yang menentukan aturan permainan sepak bola.

Organisasi Ini pertama kali dibentuk pada abad 19 lalu, tepatnya yaitu pada tahun 1886. Wilayah yang dinaungi oleh IFAB ini mencakup seluruh dunia. IFAB pun menjadi salah satu badan sepak bola penting untuk mengatur segala aturan dan regulasi The Law of Game sepak bola.

Beberapa peraturan yang diubah punya pengaruh yang kecil, namun ada beberapa yang punya pengaruh lebih dramatis.

Dilansir dari situs berita olahraga Marca,  berikut lima peraturan baru yang bakal mengubah wajah sepak bola saat ini.

Tidak ada bola muntahan (rebound) dari penalti

Pertandingan akan dihentikan dan bola akan diamankan oleh kiper lagi jika tendangan penalti berhasil diselamatkan oleh kiper atau terkena tiang gawang.

itu berarti tidak akan ada lagi peluang bagi sang penendang penalti untuk menyambar dan mencetak gol dari bola muntahan yang terjadi. Pemain yang menendang juga tidak perlu lagi untuk berada di dalam kotak penalti.

Handsball di dalam area penalti

Mulai tanggal 1 Juni 2019, gol yang dicetak oleh seorang pemain namun sebelumnya telah mengenai tangan pemain tersebut, baik disengaja maupun tidak disengaja, gol tersebut tidak akan disahkan.

Pemain pengganti bisa meninggalkan lapangan di mana saja

Saat seorang pemain digantikan oleh pelatih, mereka tidak lagi diwajibkan untuk meninggalkan lapangan ke bagian tengah dari pinggir lapangan. Sebaliknya, mereka diperbolehkan untuk meninggalkan lapangan dari pinggir lapangan terdekat.

Pemain boleh merebut bola di area kotak penalti setelah kiper melakukan tendangan gawang

Sampai sekarang, seorang pemain tidak boleh menyentuh atau merebut bola sebelum kiper menendang bola keluar dari kotak penalti, tetapi saat peraturan itu diterapkan maka para pemain boleh melakukan itu.

Pelatih bisa menerima kartu kuning dan merah

Dulu peraturan ini sempat diterapkan, tetapi disiplin pelatih berubah menjadi hanya sekedar teguran atau dikeluarkan dari pinggir lapangan.

Mulai musim depan, para pelatih bisa menerima kartu kuning dan kartu merah seperti layaknya pemain.

Penulis: Risto Risanto

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

1.4K