In-depth

Sebuah Mata Kuliah dari Argentina untuk Timnas Indonesia U-23

Kamis, 21 Maret 2019 21:21 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT/Jean Catuffe/Getty Images
Egy Mualan Vikri dan Lionel Messi Copyright: © INDOSPORT/Jean Catuffe/Getty Images
Egy Mualan Vikri dan Lionel Messi
Berkaca dari Argentina

Timnas Indonesia U-23 khususnya Indra Sjafri patut berkaca dari Timnas Argentina yang kerap mengandalkan satu pemain yaitu Lionel Messi.

Kehebatan Messi bersama Barcelona memang sudah tidak perlu diragukan lagi, karena dirinya mampu meraih beberapa gelar bergengsi termasuk penghargaan individu seperti pemain terbaik dunia dan Eropa.

Namun sayang, daya magis Messi luntur ketika ia memperkuat Argentina. Pemain berjuluk La Pulga itu sejauh ini belum mampu memberikan satu gelar bergengsi pun untuk negaranya, sejak pertama kali debut untuk tim senior tahun 2005 silam.

Tercatat, Lionel Messi sempat tiga kali membawa Argentina melangkah hingga partai final di beberapa turnamen bergengsi yakni Piala Dunia 2014, Copa America 2015, dan Copa America Centenario 2016.

Dari tiga kesempatan itu, tidak ada satupun yang berhasil dimenangkan oleh Argentina dan Lionel Messi. Hal tersebut membuat Messi kecewa, dan sedikit trauma.

Bahkan dirinya sampai memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola internasional, akibat kegagalan tersebut. Yang terbaru, Lionel Messi tidak mampu mengangkat performa Argentina di Piala Dunia 2018 lalu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
33%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
67%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%