Bola Internasional

Tersibak! Rahasia Dibalik Kesuksesan Zidane dan Cristiano Ronaldo

Senin, 25 Maret 2019 09:05 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Zinedine Zidane dan Cristiano Ronaldo meraih penghargaan pelatih dan pemain terbaik FIFA 2017. Copyright: © INDOSPORT
Zinedine Zidane dan Cristiano Ronaldo meraih penghargaan pelatih dan pemain terbaik FIFA 2017.

INDOSPORT.COM - Legenda sepak bola dunia, Zinedine Zidane, ternyata memiliki kebiasaan serupa dengan Cristiano Ronaldo dalam menunjang kariernya sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang sejarah.

Kesuksesan Zidane di lapangan hijau ternyata tak didapatkan dengan mudah. Ia harus berjuang keras diiringi dengan pergulatan batin yang pernah ia alami.

Pria yang kini kembali menjabat sebagai pelatih Real Madrid itu sempat mengenyam pendidikan di sekolah biasa. Hal itu ternyata menjadi tekanan untuknya karena yang ada di benaknya hanyalah bermain sepak bola.

Setelah mendapatkan restu dari kedua orang tua, Zidane pun memutuskan bergabung dengan akademi sepak bola Cannes untuk mempertajam kemampuan dalam mengolah si kulit bundar.

Sejak hari itu, Zidane berkomitmen untuk memulai gaya hidup sehat guna menunjang kariernya sebagai pesepak bola profesional.

“Sejak saat itu, saya berjuang untuk mengubah diri saya menjadi pemain terbaik. Tak pernah minum alkohol, istirahat yang cukup dan rajin berlatih, karena saya tidak ingin mempermalukan diri saya sendiri,” kata Zidane, diwartakan oleh AS Sport.

Ternyata kebiasaan tersebut juga dilakukan oleh mantan anak asuhnya, Cristiano Ronaldo, yang dikenal sebagai sangat disiplin dalam menjaga kebugaran tubuhnya.

Ronaldo tidak minum alkohol sama sekali karena ia berkaca pada ayahnya, Jose Diniz Aveiro yang meninggal dunia akibat efek minuman keras. CR7 (julukan Ronaldo) juga memiliki jam istirahat berkualitas serta rajin berlatih.

Kebiasaan baik dilakukan oleh Zidane dan Ronaldo terbukti membuat keduanya menjadi salah satu pemain terbaik di dunia, dan patut dicontoh oleh pemain lainnya, terutama mereka yang masih berusia muda.

Ikuti Terus Berita Sepak bola Internasional dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT