Liga Indonesia

Mengenal 2 Stadion 'Baru' di Piala Presiden 2019

Selasa, 26 Maret 2019 16:00 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Surajaya Stadium dan Patriot Stadium Piala Presiden 2019 Copyright: © INDOSPORT
Surajaya Stadium dan Patriot Stadium Piala Presiden 2019

INDOSPORT.COM - Sebanyak delapan tim telah memastikan diri lolos ke babak perempatfinal turnamen pramusim di Indonesia, Piala Presiden 2019.

Adapun tim-tim tersebut adalah Persija Jakarta, Madura United, Persela Lamongan, Bhayangkara FC, TIRA-Persikabo, Arema FC, Kalteng Putra, dan Persebaya Surabaya.

Berbeda dengan format edisi sebelumnya, pertandingan 8 besar ini menggunakan sistem single match yang berati setiap tim yang kalah langsung tersingkir, tanpa menggelar leg kedua.

Tiga stadion pun akan bersiap untuk melangsungkan babak fase gugur tersebut, yakni Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Stadion Surajaya Lamongan, dan Stadion Patriot Candrabaga.

Dua diantaranya merupakan pertama kali terlibat dalam menggelar turnamen sepak bola paling bergengsi di Indonesia ini. Stadion mana saja itu? Berikut ulasannya:

1. Stadion Surajaya

© INDOSPORT/Abdurrahman.R
Stadion Surajaya Lamongan Copyright: INDOSPORT/Abdurrahman.RStadion Surajaya Lamongan

Keberhasilan Persela Lamongan finis di puncak klasemen Grup E, membuat mereka berhak jadi tuan rumah di babak 8 besar ini menghadapi Madura United pada Minggu (31/02/19), karena menjadi salah satu tim juara grup terbaik.

Hal tersebut membuat Stadion Surajaya Lamongan, akhirnya merasakan atmosfer Piala Presiden. Sejak turnamen ini digelar pertama kali tahun 2015 lalu, Stadion Surajaya tak terpilih baik untuk menggelar tuan rumah penyisihan grup maupun fase gugur.

Pada tahun 2018 lalu, Stadion Surajaya sempat mengalami renovasi penambahan kapasitas, dari semula menampung 15.000 penonton menjadi 18.000 hingga 19.000 penonton.

Namun sayang, beberapa hari pasca renovasi stadion tersebut sempat mengalami musibah kebakaran, tepatnya pada Oktober 2018 lalu, di sekitaran area luar stadion. Beruntung tidak mengalami kerusakan berarti pada struktur bangunan.

2. Stadion Patriot Candrabhaga

© INDOSPORT
Stadion Patriot Bekasi, venue pertandingan sepak bola Asian Games 2018. Copyright: INDOSPORTStadion Patriot Bekasi, venue pertandingan sepak bola Asian Games 2018.

Stadion kedua yang baru pertama kali merasakan menggelar pertandingan Piala Presiden adalah Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Di stadion dengan kapasitas 28.000 penonton itu akan menjadi tuan rumah untuk dua klub, Persija dan Bhayangkara FC. Persija akan menjamu Kalteng Putra, pada Kamis (28/03/19), dan Bhayangkara melawan Arema FC pada Sabtu (30/03/19).

Selain Piala Presiden, Stadion Patriot juga kerap menggelar laga-laga internasional semisal untuk cabang olahraga sepak bola Asian Games 2018, Piala AFC, Piala Asia U-19 dan beberapa laga uji coba Timnas Indonesia.

Stadion ini dibangun pada tahun 1980, untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat IV Tahun 1984. Pada tahun 2012, stadion ini direnovasi menjadi stadion bertaraf internasional.