Bola Internasional

Sindiran Berkelas Sterling Soal Ejekan Rasisme Suporter Montenegro

Selasa, 26 Maret 2019 07:40 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Bintang tim nasional Inggris, Raheem Sterling, merespons ejekan berbau rasisme dalam laga Kualifikasi Euro 2020 kontra Montenegro di Stadion Podgorica, Senin (25/03/19), yang berakhir dengan skor 1-5.

Dilansir Daily and Sunday Express, Sterling membuat gestur memegang kedua telinga saat melakukan selebrasi gol menjelang bubaran. Empat gol lainnya disumbangkan oleh Michael Keane, Ross Barkley (2), dan Harry Kane.

Oknum suporter Montenegro kabarnya juga melontarkan nyanyian rasisme ke arah bek Danny Rose. Sterling yang tidak ingin tinggal diam, meski sudah beraksi di lapangan, kembali mengambil sikap tegas lewat unggahan di akun Instagram pribadinya.

“Cara terbaik untuk membungkam para haters (ya benar, maksud saya rasisme),” tulis Sterling. Ia bahkan menyertakan tagar #2019 dan #getsomeeducation seolah ingin menyindir mereka yang masih mempermasalahkan isu rasial di era modern.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Raheem Sterling x 😇 (@sterling7) on

Di sisi lain, pelatih Gareth Southgate juga sudah angkat bicara terkait apa yang terjadi dalam laga kontra Montenegro. Ia menyaksikan sendiri bagaimana publik tuan rumah mengejek Rose dan tak lupa memastikan akan ada tindakan tegas dari pihaknya.

“Saya mendengar ejekan untuk Danny Rose ketika dia melakukan pelanggaran jelang pertandingan berakhir. Saya yakin hal itu benar-benar terjadi dan kami akan membuat laporan resmi. Perilaku ini benar-benar tak dapat diterima,” ujar Southgate.

Lantas, apakah Sterling juga menjadi korban tindakan kurang terpuji suporter Montenegro? Southgate sendiri tidak mengetahuinya secara pasti, namun ia berjanji akan melakukan yang terbaik untuk mendukung dan melindungi para pemainnya.

Inggris kini menjadi pemuncak sementara Grup A Kualifikasi Euro 2020 dan sudah mencetak sepuluh gol dari dua laga. Sebelum Montenegro, mereka membabat habis Rep. Ceska lima gol tanpa balas, Sabtu (23/3/19).

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT