Bola Internasional

Nyaris Seusia Maruf Amin, Kiper Israel Berdarah Irak Pecahkan Rekor Pesepak Bola Tertua di Dunia

Minggu, 7 April 2019 18:47 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Sport Bible
Kiper Maccabi Ironi Or Yehuda, Yitzhak Hayk, menerima penghargaan pemain tertua di dunia Guinness World Record, pada 5 April 2019. Copyright: © Sport Bible
Kiper Maccabi Ironi Or Yehuda, Yitzhak Hayk, menerima penghargaan pemain tertua di dunia Guinness World Record, pada 5 April 2019.

INDOSPORT.COM - Usia ternyata bukan penghalang bagi kiper Israel berdarah Irak, bernama Yitzhak Hayk untuk terus berjaya di ranah olahraga khususnya sepakbola. Di umurnya yang akan menginjak 74 tahun, ia masih aktif bermain sepak bola semi-profesional di klub tingkat ke-5 di negara Israel.

Usia Hayk tersebut hanya lebih muda dua tahun dari Calon Wakil Presiden Indonesia nomor urut 1, Ma'ruf Amin, yang saat ini berumur 76 tahun.

Hal tersebut yang membuat Hayk mendapatkan rekor pemain sepakbola aktif tertua di dunia yang pernah ambil bagian dalam pertandingan resmi oleh Guinness World Record. Meski usianya sudah senja, namun kekuatannya dalam menepis bola masih patut diacungi jempol.

Terbukti, saat Hayk bertugas menjaga gawang timnya, Maccabi Ironi or Yehuda, selama 93 menit dalam kekalahan 1-4 dari Ramat Israel pada gim Divisi 5 Israel. Ramat Israel telah menjamin tempat mereka di playoff promosi ke divisi ke-4.

Di akhir pertandingan, upacara kecil dilakukan ketika perwakilan resmi Guinness World Records menyerahkan sertifikat kepada Hayk sang kiper veteran.

Hayk telah memecahkan rekor mantan pemain sepak bola aktif tertua, yang sebelumnya dipegang oleh Robert Carmona asal Uruguay yang bermain untuk Club Pan de Azúcar dengan usia 53 tahun 182 hari pada 30 Oktober 2015.

Hayk lahir di Irak pada 1945, pindah ke Israel ketika dia berusia 5 tahun bersama keluarganya dan bermain sepak bola sejak awal 1960-an. Hayk memulai karirnya di klub Hapoel Or Yehuda, dan saat ini bermain untuk Maccabi Ironi Or Yehuda.

Tak hanya sukses di dunia sepak bola, ternyata pria paruh baya ini juga sukses di dunia bisnis. Hayk adalah pemilik perusahaan peralatan panggung.

Penulis: Chairun Nissa

Baca berita sepak bola internasional dan olahraga lainnya di INDOSPORT.COM.

185