Liga Champions

Ajax vs Juventus: Tanpa Chiellini, Bisakah Rugani Jadi Pemain Kunci?

Rabu, 10 April 2019 15:52 WIB
Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COMJuventus dikabarkan tidak bisa menurunkan pilar utama di lini pertahanan mereka, yakni Giorgio Chiellini, di pertandingan babak perempatfinal Liga Champions melawan Ajax Amsterdam, Kamis (11/04/19) dini hari WIB.

Pemain berkebangsaan Italia tersebut terpaksa disisihkan dari skuat utama Juventus karena mengalami cedera betis. Chiellini sendiri juga tidak memainkan peran ketika Juventus mengalahkan AC Milan dalam lanjutan Serie A Italia pekan ke-31.

Situasi ini pun membuat pelatih Massimiliano Allegri kemungkinan besar akan menurunkan bek muda asal Italia, yakni Daniele Rugani. Itu tak terlepas karena Rugani kerap kali diberikan kesempatan tampil di Serie A Italia sebanyak 13 kali.

Jumlah tersebut nyatanya lebih banyak dibandingkan dengan penampilan Andrea Barzagli. Pemain bertahan berusia 37 tahun itu diketahui hanya bermain sebanyak lima kali di Serie A Italia.

Apalagi, Rugani baru mendapatkan perpanjangan kontrak dari pihak manajemen. Artinya Juventus menaruh harapan besar kepada Rugani, walaupun dirinya jarang dapat kesempatan bermain sejak bergabung pada 2015 lalu.

Kokohnya pertahanan Juventus pun mulai dipertanyakan ketika Rugani mengambil alih tugas Chiellini di lini belakang. Usianya yang terbilang masih sangat muda, bisa saja memunculkan keraguan publik Turin dalam menghadapi Ajax Amsterdam.

Jika melihat catatan permainannya di Serie A Italia, Rugani terbilang cukup baik menjaga area pertahanan Juventus. Dari 13 penampilannya, ia mampu menjaga gawang Juventus tetap steril sepanjang laga sebanyak tujuh kali.

Usia muda Rugani nampaknya tak menjadi masalah untuk menahan gempuran-gempuran pemain depan Ajax Amsterdam. Karena sebagian besar pemain Ajax juga terbilang masih sangat muda dibandingkan dengan penggawa Juventus lainnya.

Namun Rugani tak memiliki banyak pengalaman di Liga Champions. Karena dirinya hanya diturunkan dua kali pada musim ini. Ia bermain penuh ketika Juventus berhadapan dengan Young Boys dan hanya dimainkan di penghujung laga saat mengalahkan Valencia di fase grup.

Lalu apakah Rugani pantas menggantikan Chiellini untuk memegang tanggung jawab di lini pertahanan Juventus? Jawaban itu hanya bisa terjawab ketika pertandingan Ajax vs Juventus berakhir.

Terus Ikuti Sepak Bola Liga Champions dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM