Liga Indonesia

Mengingat Kembali Kunjungan Terakhir Persebaya ke Kandang Arema FC

Rabu, 10 April 2019 20:11 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Persebaya Surabaya
Duel antar pemain Arema Fc melawan Persebaya Surabaya. Copyright: © Persebaya Surabaya
Duel antar pemain Arema Fc melawan Persebaya Surabaya.

INDOSPORT.COM – Usai ditahan imbang Arema FC di pertandingan pertama, Persebaya akan bertandang ke Stadion Kanjuruhan guna melakoni leg kedua partai final Piala Presiden 2019.

Laga tandang ke markas Arema FC bukanlah hal mudah bagi Persebaya. Apalagi, laga kali ini adalah duel penentuan siapa tim yang berhak memboyong trofi Piala Presiden.

Terakhir kali Persebaya berlaga di Stadion Kanjuruhan terjadi pada putaran dua Liga 1 musim 2018 lalu. Ketika itu, Bajul Ijo harus mengakui keunggulan tuan rumah Arema FC dengan skor tipis 0-1 lewat gol tunggal Ahmad Nur Hardianto pada menit ke-70.

Tak hanya hasil laga yang dimenangkan tuan rumah, namun laga terakhir Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan juga menyimpan banyak cerita. Terutama insiden yang terjadi saat jeda dan sesudah pertandingan.

Saat jeda turun minum, pentolan pendukung Arema FC, Yuli Sumpil melakukan aksi provokatif pada pemain-pemain Persebaya yang sedang melakukan pemanasan. Akibat dari aksinya tersebut, Yuli Sumpil dihukum larangan masuk stadion seumur hidup oleh PSSI, sebelum akhirnya hukuman itu dicabut akhir Februari lalu.

Insiden tak hanya berhenti sampai di situ. Usai laga, satu pendukung Arema FC tiba-tiba masuk ke dalam lapangan sambil membawa bendera bergambar logo Persebaya lalu menyobeknya. Beruntung, para pemain Arema FC yang dipimpin sang kapten Hamka Hamzah langsung menghentikan aksi provokatif tersebut.

Meski diwarnai sejumlah insiden di masa lalu, leg kedua final Piala Presiden 2019 diharapkan berlangsung damai, kondusif, dan mampu memberikan hiburan. Hal ini diungkapkan oleh CEO Arema FC Agoes Soerjanto.

"Tidak ada yang juara dalam Piala Presiden. Bagi kami juaranya adalah kedua suporter yang mampu memberikan dukungan yang besar, kreatif, atraktif dan menghibur," ucap Agoes usai leg pertama di Stadion Gelora Bung Tomo.

Sesuai jadwal, leg kedua partai final Piala Presiden 2019 antara Arema FC vs Persebaya akan digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jumat (12/04/19) mendatang.

Terus Ikuti Berita Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT