Liga Champions

Manchester City Dihantui Catatan Buruk Guardiola di Liga Champions

Kamis, 11 April 2019 07:45 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Yohanes Ishak
© Daily Star
Ekspresi Kekecewaan Pelatih Manchester City, Pep Guardiola. Copyright: © Daily Star
Ekspresi Kekecewaan Pelatih Manchester City, Pep Guardiola.

INDOSPORT.COM – Pelatih Manchester City, Pep Guardiola punya catatan buruk di Liga Champions. Tahun ini City berpeluang memperoleh empat gelar di empat kompetisi yang ia ikuti. Namun catatan buruk di enam gelaran Liga Champions terakhir membuat peluang sapu bersih City terancam.

Terlebih, pada babak perempatfinal Liga Champions 2018/19 ini timnya juga terancam gagal ke semifinal setelah kalah dari tim sesama Inggris, Tottenham Hotspur dengan skor tipis 0-1.

Meski masih memiliki peluang untuk membalas hasil tersebut pada leg kedua, namun jika Pep tak mampu membawa timnya bangkit, bukan tidak mungkin harapan untuk membawa The Cityzens menjadi juara Liga Champions pada musim ini menjadi sirna.

Lalu apa dan kapan sajakah mimpi buruk bagi Guardiola selama berkiprah di Liga Champions? Berikut ulasannya:

3 Tahun berhenti di Babak Semifinal 2014-2016

2013/2014

Pada musim pertamanya menangani Bayern Munchen, langkah Guardiola terhenti di babak semifinal Liga Champions 2013/14 setelah disingkirkan oleh tim asal Spanyol Real Madrid dengan agregat 0-5. Sempat kalah tipis di Santiago Bernabeu, Munchen justru dibantai 0-4 di Allianz Arena.

2014/2015

Tahun kedua menukangi The Bavaria, Guardiola ditaklukkan oleh mantan klubnya Barcelona di babak semifinal. Dibantai 0-3 di Camp Nou, Munchen sebenarnya unggul 3-2 di pertandingan leg 2, namun secara agregat anak asuh Guardiola tetap tak bisa lolos ke babak final Liga Champions 2014/15.

2015/2016

Setelah dua tahun terhenti di semifinal, Munchen kembali lolos ke babak tersebut. Sempat kalah tipis 0-1 di markas Atletico Madrid, Munchen hanya mampu unggul 2-1 di markas mereka. Dengan skor tersebut, anak asuh Guardiola tidak lolos karena produktivitas gol tandang.

Kalah di 16 Besar 2016/2017

Tahun pertama menukangi City, Guardiola kembali gagal di babak gugur. City secara mengejutkan kalah dari AS Monaco dengan agregat 6-6. Namun, anak asuh Gaurdiola kalah produktivitas gol tandang karena hanya berhasil mencetak satu gol di markas AS Monaco.

Kalah di Perempatfinal 2017/2018

Pada musim lalu Liverpool kembali menggagalkan langkah Guardiola bersama City, skuat arahan Jurgen Klopp berhasil menggunduli tiga gol tanpa balas di Anfield dan kemudian mempermalukan City di Ettihad dengan skor 1-2 untuk kemenangan Liverpool.

2018/2019?

Melawan klub Inggris seperti musim lalu di babak perempat final, City takluk satu gol saat menghadapi Tottenham. Leg 2 baru akan digelar pekan depan di Etihad Stadium.

Mampukah City bersama Guardiola menghapus catatan buruk atau kembali tertahan di babak perempat final seperti musim lalu. Layak kita tunggu berhasilkah Guardiola menyapu bersih semua gelar di kompetisi yang mereka ikuti musim ini.

Ikuti terus berita sepak bola Liga Champions dan berita olahraga lainnya di INDOSPORT.COM