Liga Indonesia

Daftar Penghargaan Piala Presiden 2019: Diborong Persija

Jumat, 12 April 2019 23:46 WIB
Editor: Juni Adi
© Piala Presiden 2019
Trofi Piala Presiden 2019. Copyright: © Piala Presiden 2019
Trofi Piala Presiden 2019.

INDOSPORT.COM - Turnamen Piala Presiden 2019 baru saja resmi berakhir. Arema FC keluar sebagai juara setelah mengalahkan Persebaya di final leg kedua yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Jumat (12/04/19).

Dalam laga tersebut, Arema FC menang dengan skor 2-0 berkat gol Ahmad Nur Hardianto dan Ricky Kayame. Sebelumnya, kedua tim hanya mampu bermain imbang 2-2 di leg pertama di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya beberapa waktu lalu.

Selain kesuksesan Singo Edan merengkuh gelar Piala Presiden untuk kedua kalinya, terdapat beberapa catatan menarik lain dalam edisi Piala Presiden tahun 2019 ini, seperti munculnya nama pemain lokal yang masuk dalam daftar top skor.

Dia adalah penyerang Arema FC, Ricky Kayame. Pemain berusia 25 tahun tersebut jadi satu-satunya pemain lokal yang mampu merusak dominasi asing, dalam daftar pencetak gol terbanyak dengan lima gol.

Kayame bersanding dengan dua nama lainnya yakni gelandang serang milik Persija Jakarta, Bruno Matos dan pemain Persebaya Surabaya, Manuchekhr Dzhalilov.

Namun menariknya, entah lupa atau ada alasan lain, pihak panita tak menyebut nama Ricky Kayame saat memberikan penghargaan top skor usai laga final. Mereka hanya menyebut nama Bruno Matos dan Manuchekhr Dzhalilov. 

Selain gelar top skor, pihak panitia Piala Presiden 2019 juga menghadirkan beberapa penghargaan lainnya seperti tim paling fairplay, pemain terbaik dan suporter terbaik yang didominasi oleh Persija Jakarta.

Tim berjuluk Macan Kemayoran itu total membawa pulang tiga penghargaan, yakni tim fair play dan dua lainnya diwakili oleh suporter terbaik, The Jakmania dan top skor Bruno Matos.

Berikut Daftar Lengkap Penghargaan Piala Presiden 2019:

Juara Piala Presiden 2019: Arema FC

Runner-up: Persebaya Surabaya

Peringkat Tiga: Kalteng Putra dan Madura United

Pemain Terbaik: Hamka Hamzah (Arema FC)

Top Skor: Bruno Matos (Persija) dan Manuchekhr Dzhalilov (Persebaya)

Pemain Muda Terbaik: Irfan Jaya (Persebaya Surabaya)

Suporter Terbaik: The Jakmania (Suporter Persija)

Wasit Terbaik: Nusur Fadilah

Tim Fair Play: Persija Jakarta

1