Bola Internasional

Pemilik Klub Ligue 1 Janji Donasikan Rp1,5 Triliun untuk Bangun Kembali Notre-Dame

Selasa, 16 April 2019 15:36 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Bryn Lennon/Getty Images
François-Henri Pinault, pemilik klub Ligue 1 Stade Rennais. Copyright: © Bryn Lennon/Getty Images
François-Henri Pinault, pemilik klub Ligue 1 Stade Rennais.

INDOSPORT.COM - Pemilik Stade Rennais, Francois-Henri Pinault mengumumkan bakal menyumbangkan 100 juta euro atau setara dengan Rp1,5 triliun untuk membantu membangun kembali Gereja Katedral Notre-Dame di Paris yang terbakar pada Senin, (15/04/19) kemarin.  

Dikutip Buzzfeed, berita tentang kebakaran gereja bersejarah tersebut membuat masyarakat dari belahan dunia berduka, seperti salah satunya yakni Francois-Henri Pinault.

"Ayah saya (François Pinault) dan saya telah memutuskan akan berdonasi dari dana (perusahaan) Artemis sebesar 100 juta euro untuk berpartisipasi dalam upaya yang akan diperlukan untuk memperbaiki kembali Notre-Dame," tulis Pinault dalam sebuah pernyataan. 

Francois-Henri Pinault merupakan miliarder asal Perancis yang menjabat sebagai CEO Kering S.A, perusahaan grup barang mewah yang mencakup Gucci dan Saint Laurent.

Selain itu, Pinault juga tercatat menjadi presiden perusahaan induk Perancis Groupe Artemis, yang memiliki rumah lelang seni rupa Christie's.

Di samping itu, Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengatakan bahwa ia juga berencana untuk meluncurkan kampanye penggalangan dana nasional guna membangun kembali katedral yang usianya telah berabad-abad.

"Kami akan membangun kembali Notre-Dame karena inilah yang diharapkan Prancis, karena ini adalah gereja yang layak bagi sejarah kami, karena itu adalah takdir kami," ujar Macron kepada wartawan.

Sudah lebih dari 800 tahun berdiri, Notre-Dame ternyata telah mengalami pemulihan yang luas dan menelan biaya mahal untuk memperbaiki serta mengembalikan salah satu contoh terbaik dari arsitektur Gothic Perancis.

Ketika kebakaran terjadi, puncak menara sedang diperbaiki yang memakan dana jutaan dolar untuk memperbaiki kerusakan air pada struktur kayu. Menara katedral setinggi 93 meter yang sosoknya sangat ikonik runtuh dalam kebakaran itu.

Penulis: Neneng Astrianti

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM