Bola Internasional

Sukses Singkirkan Juventus, Pelatih Ajax Pernah Didik Calon Pemain Timnas Indonesia

Rabu, 17 April 2019 16:19 WIB
Editor: Coro Mountana
© VI Images via Getty Images
Joey Suk saat membela Go Ahead Eagles. Copyright: © VI Images via Getty Images
Joey Suk saat membela Go Ahead Eagles.

INDOSPORT.COM – Ajax Amsterdam sukses membuat sensasi dengan menyingkirkan Juventus dari Liga Champions, siapa sangka ternyata sang pelatih pernah mendidik calon pemain Timnas Indonesia.

Kemenangan Ajax Amsterdam atas Juventus memang begitu mengejutkan karena mereka sejatinya tidak diunggulkan. Sempat ditahan imbang 1-1 di Amsterdam, Ajax di luar dugaan berhasil menang 2-1 di Turin yang menjadi kandang dari Juventus.

Sosok di balik suksesnya Ajax Amsterdam ada di sang pelatih, Erik ten Hag yang mampu menyulap sekumpulan anak muda menjadi calon juara Liga Champions. Namun ada sebuah fakta mengejutkan tentang Erik ten Hag yaitu dirinya pernah mendidik calon pemain Timnas Indonesia.

Calon pemain Timnas Indonesia itu adalah Joey Suk yang pernah ditangani oleh pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag. Pertemuan Erik ten Hag dengan Joey Suk terjadi di edisi 2012/13 di Go Ahead Eagles Deventer.

Berdasarkan catatan dari Transfermarkt, Joey Suk yang dapat beroperasi di posisi gelandang tengah dan bertahan selalu menjadi pemain inti di tim asuhan Erik ten Hag hingga Desember. Tercatat hanya sekali ia absen di divisi Liga Belanda dengan torehan 4 gol dan 2 assists.

Di ajang Piala Belanda, penampilan Joey Suk semakin kemilau dengan torehan 3 gol dalam tiga laga yang membawa Go Ahead Eagles Deventer melaju ke babak 16 besar. Joey Suk sendiri akhirnya meninggalkan Go Ahead dan Erik ten Hag pada Januari 2013 untuk bergabung dengan Beerschoot (Belgia).

Joey Suk adalah calon pemain Timnas Indonesia karena masih dalam naturalisasi dari warga Negara Belanda.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Ajax Amsterdam dan Timnas Indonesia di INDOSPORT.