Liga Indonesia

Pelatih Liga 1 yang Masih Bertahan Dalam 3 Musim Terakhir, Siapa Saja?

Senin, 22 April 2019 13:14 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil
© Tiyo Bayu Nugroho/INDOSPORT
Ilustrasi logo Liga 1 2019. Copyright: © Tiyo Bayu Nugroho/INDOSPORT
Ilustrasi logo Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Sejauh ini terdapat dua pelatih Liga 1 yang masih bertahan menangani satu klub dalam tiga musim terakhir sejak 2017 hingga 2019.

Sosok pelatih dalam sebuah klub begitu penting. Sebab dialah yang mengatur bagaimana para pemain bisa menjalankan skema untuk memenangkan pertandingan.

Akan tetapi profesi sebagai pelatih sepak bola di Indonesia juga begitu rawan. Lantaran jika tak sesuai dengan target mnanajemen bisa langsung dipecat.

Maka dari itu tak jarang pelatih-pelatih di Liga 1 bisa bertahan lama. Kadang hanya bertahan semusim, setengah musim, hingga hanya beberapa bulan saja.

Akan tetapi sejauh ini ada dua sosok pelatih Liga 1 yang masih dipertahankan oleh manajemen klub dalam tiga musim terakhir. Berikut sosoknya.

1. Aji Santoso

© Herry Ibrahim/Indosport.com
Pelatih Persela Lamongan, Aji Santoso dan pemain Samsul Arifin. Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comPelatih Persela Lamongan, Aji Santoso dan pemain Samsul Arifin.

Pelatih asal Malang, Aji Santoso, menjadi salah satu juru taktik yang paling lama menangani klub Liga 1, yakni Persela Lamongan.

Aji Santoso resmi dikontrak Persela pada 7 September 2017 lalu dan membawa Laskar Joko Tingkir finis di peringkat ke-14 klasemen dengan 40 poin.

Lalu di Liga 1 2018, Aji Santoso masih dipercaya oleh manajemen Persela Lamongan. Klub yang lahir pada 1967 silam finis diposisi ke-13 dengan 43 angka.

Menjelang awal Liga 1 2019, Aji Santoso mendapat kepercayaan lagi dari manajemen Persela Lamongan. Karena Aji Santoso telah membuat skema tersendiri dalam tim.

2. Jacksen F. Tiago

© Ian Setiawan/Indosport.com
Pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago. Copyright: Ian Setiawan/Indosport.comPelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago.

Selanjutnya pelatih yang bertahan lama dalam menangani klub Liga 1 adalah Jacksen F. Tiago. Pelatih asal Brasil ini menahkodai Barito Putera.

Jacksen resmi dikontrak oleh manajemen Laskar Antasari selama tiga musim sejak 2017 hingga 2019. Tandatangan tersebut dilakukan pada Jumat (02/12/16) silam.

Pada Liga 1 2017, Barito Putera finis diurutan ke-7 dengan 53 poin. Lalu pada 2018, Laskar Antasari berakhir diposisi ke-9 dengan mendulang 47 angka.

Kini Jacksen tengah menatap musim terakhirnya bersama Barito Putera, jika sesuai kontrak. Lantas menarik bagaimana kiprah Barito Putera di Liga 1 2019.

Terus Ikuti Update Liga 1 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%