Bola Internasional

Peluangnya Kecil, Ini Skenario Agar Persija Lolos dari Fase Grup Piala AFC 2019

Rabu, 1 Mei 2019 10:12 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Skenario agar Persija lolos dari fase grup Piala AFC 2019. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Skenario agar Persija lolos dari fase grup Piala AFC 2019.

INDOSPORT.COM – Klub ternama sepak bola Indonesia, Persija Jakarta bakal menjalani pertandingan lanjutan di penyisihan Grup G Piala AFC 2019 melawan Becamex Binh Duong, Rabu (01/05/19) sore ini.

Pertandingan yang akan digelar di Stadion Go Dau, markas Binh Duong, Persija Jakarta diwajibkan meraih kemenangan. Poin sempurna menjadi harga mati Persija agar memperoleh kesempatan lolos dari fase grup Piala AFC 2019.

Saat ini tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut masih mendekam di peringkat ketiga klasemen sementara Grup G Piala AFC 2019 dengan torehan empat poin. Mereka tertinggal tiga poin dari peringkat kedua (Binh Duong) dan delapan poin dari pemuncak klasemen (Ceres-Negros).

Jika melihat situasi tersebut, peluang Persija terbilang sangat kecil dan sulit. Tim arahan Ivan Kolev tersebut wajib menyapu bersih dua laga tersisa dengan kemenangan. Namun Persija juga harus berharap agar Binh Duong tak mendapatkan poin di laga terakhir melawan Ceres-Negros.

Kesempatan peluang untuk lolos ke babak gugur begitu sulit, karena Persija harus menggantungkan harapan pada dirinya sendiri dan klub lain. Selain harus menang, mereka juga harus berdoa agar rival-rivalnya tak mampu meraih hasil positif dalam dua laga sisa.

© Herry ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Ivan Kolev saat memberikan arahan saat official training Persija jelang AFC Cup melawan Ceres-Negros di stadion GBK Senayan, Jakarta, Senin (22/04/19). Foto: Herry ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry ibrahim/INDOSPORTPelatih Ivan Kolev saat memberikan arahan saat official training Persija jelang AFC Cup melawan Ceres-Negros di stadion GBK Senayan, Jakarta, Senin (22/04/19). Foto: Herry ibrahim/INDOSPORT

Jika skenario itu berjalan (Persija selalu menang, dan Binh Duong kalah di dua laga), bukan berarti Persija bisa lolos. Karena Macan Kemayoran juga harus bersaing dengan klub-klub lain di peringkat kedua terbaik.

Saat ini klub-klub yang berada di peringkat kedua terbaik telah berhasil mengumpulkan poin lebih banyak dari Persija. Tiga tim yang masuk dalam peringkat kedua terbaik adalah Binh Duong (7 poin), Ha Noi (7 poin) dan Kaya-Iloilo (8 poin).

Artinya Persija juga harus berharap agar Kaya-Iloilo, yang menjadi tim terbaik di peringkat kedua, tak mendapatkan kemenangan pada laga terakhir. Jika mereka menang melawan Home United di laga terahir, maka Persija dipastikan bakal gagal.

Karena Kaya-Iloilo akan mendapatkan 11 poin dan mampu mendapatkan tiket lolos ke babak semifinal zona Asia Tenggara Piala AFC 2019. Sedangkan Persija hanya mampu meraih poin maksimal 10 poin, dengan catatan selalu menang.

Sekedar informasi, hanya satu tim yang akan mendapatkan tiket ke babak semifinal zona Asia Tenggara Piala AFC 2019. Saat ini posisi tersebut masih diduduki oleh Kaya-Iloilo

Terus Ikuti Sepak bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT