Liga Spanyol

Ada Peran Besar Fabio Capello di Balik Kesuksesan Messi di Barcelona

Kamis, 2 Mei 2019 13:05 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Yohanes Ishak
© Barcelona FC
Lionel Messi pernah 'diperebutkan' Fabio Capello dan Frank Rijkaard. Copyright: © Barcelona FC
Lionel Messi pernah 'diperebutkan' Fabio Capello dan Frank Rijkaard.

INDOSPORT.COM - Fabio Capello ternyata punya andil di balik gemilangnya prestasi Lionel Messi bersama klub sepak bola Spanyol yang dibelanya saat ini, Barcelona. Semuanya berawal sejak pemain asal Argentina tersebut masih remaja.

Capello pada waktu itu sedang menangani Juventus, sedangkan posisi pelatih Barcelona masih dipegang Frank Rijkaard. Keduanya bertemu saat ajang Piala Joan Gamper 2005. Dunia pun mulai mengenal nama seorang bocah ajaib bernama Messi.

Selain Capello dan Rijkaard, Joan Laporta yang waktu itu menjabat presiden Barcelona juga turut terlibat. Capello mengklaim kepada berita Sky Sports bahwa Messi sampai ingin berterima kasih kepadanya lantaran telah menjadikannya bintang di Barcelona.

“Kami memainkan pertandingan untuk trofi Joan Gamper dan setelah 20 menit saya berkata kepada Rijkaard,” ujar Capello, seperti dilansir portal berita sepak bola Italia, Calciomerato.

“Jika bersamamu, dia tidak akan bermain karena dia adalah pemain asing keempat. Berikan dia kepadaku dan aku akan menyimpannya selama satu tahun,” ujar Capello mengingat kembali obrolannya kepada Rijkaard.

Namun Rijkaard benar-benar enggan mengiyakan tawaran tersebut. Begitu pula dengan Laporta yang merasa percaya dan sedikit terintimidasi dengan ucapan Capello, hingga akhirnya berusaha mati-matian menggembleng Messi hingga jadi pemain hebat seperti sekarang.

“Jika Capello berkata seperti itu, baiklah mari simpan dia. Laporta memberi tahu saya begitu, lalu saya pergi ke ruang pers dan melihat seseorang yang akan menjadi pemain hebat di masa depan,” tambahnya.

Penerawangan Capello pun pada akhirnya terbukti dan kesetiaan Messi kepada Barcelona hingga saat ini masih belum pudar. Ia bahkan telah sukses menciptakan gol ke-600 nya untuk Blaugrana saat mereka menghadapi Liverpool di leg pertama Liga Champions 2018/19.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Spanyol Lainnya Hanya di INDOSPORT