Liga Inggris

Mantan Pemain Kesayangan Manchester United Putuskan Pensiun

Kamis, 2 Mei 2019 09:05 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Mantan pemain Manchester United dan Timnas Republik Irlandia, John O’Shea memutuskan pensiun dari sepak bola profesional pada akhir musim 2018/19 ini.

O’Shea, yang saat ini membela Reading, akan gantung sepatu usai kontraknya dengan klub Divisi Championship (kasta kedua Liga Inggris) tersebut selesai pada akhir musim ini.

Selama berkarier di sepak bola profesional, O’Shea tercatat pernah membela sejumlah klub Liga Primer Inggris. Pemain kelahiran Waterford itu bergabung dengan akademi Manchester United pada tahun 1998. Setahun kemudian, O’Shea dipromosikan ke tim senior Setan Merah oleh manajer legendaris, Sir Alex Ferguson.

Kemampuan O’Shea bermain di banyak posisi membuat Sir Alex kepincut dengan pemain bertinggi 191 cm tersebut. Ia bisa bermain hampir di semua posisi di lini belakang. O’Shea juga cakap bila diminta bermain sebagai gelandang bertahan.

Meski bukan pemain penting di Manchester United, O’Shea bisa dibilang sebagai salah satu pemain kesayangan Sir Alex selama menukangi The Red Devils karena selalu ada ketika dibutuhkan. Hal itu pula yang membuat O’Shea menjadi salah satu pemain favorit pendukung Setan Merah.

Selama hampir 10 musim membela Manchester United, O’Shea tampil dalam 256 pertandingan di semua kompetisi dengan torehan 10 gol. Bersama Manchester United, pemain yang kini berusia 37 tahun itu  sukses meraih banyak gelar, termasuk lima gelar Liga Primer Inggris, satu trofi Piala FA, dan satu gelar Liga Champions Eropa.

Selepas dari Manchester United, O’Shea hijrah ke Sunderland pada tahun 2011. Di Sunderland, ia bertahan selama tujuh musim sebelum akhirnya pindah ke Reading pada awal musim 2018/19.

Selain sukses di level klub bersama Manchester United, O’Shea juga merupakan sosok penting di Timnas Republik Irlandia. Ia menjadi bagian skuat Republik Irlandia yang tampil di ajang Euro 2012 dan Euro 2016. Bersama Timnas Republik Irlandia, pemain bernama lengkap John Francis O’Shea itu bermain dalam 118 laga dan mencetak tiga gol.

Terus Ikuti Berita Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM