Liga Indonesia

Terkait Kontroversi di Laga PSM Makassar Vs Bhayangkara, PSSI Akan Panggil Nusur Fadillah

Sabtu, 4 Mei 2019 18:41 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Logo PSSI. Copyright: © INDOSPORT
Logo PSSI.

INDOSPORT.COM - Induk federasi sepak bola Indonesia (PSSI) sepertinya tidak tinggal diam atas dugaan kecurangan di laga PSM Makassar melawan Bhayangkara FC. Untuk menindaklanjuti kasus ini, PSSI akan memanggi Nusur Fadilah sebagai wasit yang memimpin laga tersebut.

Laga leg kedua babak delapan besar Piala Indonesia antara PSM Makassar vs Bhayangkara FC memang menyisakan satu tanda tanya besar. Laga tersebut memang memenangkan tuan rumah PSM Makassar dengan skor 2-0.

Namun dalam laga tersebut ada keputusan janggal yang diambil oleh Nusur Fadillah. Yakni saat dia tidak mengesahkan gol Anderson Salles di menit 29.

Anggota Komite Wasit PSSI, Purwanto menegaskan akan mengumpulkan data dan laporan pertandingan itu. PSSI juga sudah mengagendakan pemanggilan perangkat pertandingan di laga tersebut. 

Jika memang perangkat pertandingan menyalahi kuasa yang diberikan PSSI, maka mereka tidak akan lagi bertugas di Piala Indonesia. Termasuk juga evaluasi tugas mereka untuk bisa memimpin Liga 1 2019. Bahkan, jika mereka terbukti melakukan kesalahan mendasar, tanpa ragu PSSI akan menugaskan mereka ke Liga 2.

"Kami akan mengumpulkan laporan teknis dari penilai wasit (referee assessor PSSI) dan dari wasit serta asisten wasit itu sendiri. Kita akan analisa kondisi kesehatan dan kebugarannya, penerapan pasal-pasal permainan, pengambilan keputusan selama pertandingan dan cara mereka membaca pertandingan," kata Purwanto.

Selain itu, PSSI juga akan mengirim rekaman pertandingan ke Asosiasi sepak bola Jepang (JFA), yang menjadi mitra PSSI dalam melakukan penilaian terhadap kinerja perangkat pertandingan.

"Dalam pertandingan PSM Makassar vs Bhayangkara, secara khusus kita akan mendalami dugaan pelanggaran peraturan permainan pasal 10 dan pasal 12," ungkapnya.

Ikuti terus Berita Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga lainnya di INDOSPORT.COM

1