Liga Champions

Naik-Turun Harga Lucas Moura, Pahlawan Tottenham di Semifinal Liga Champions

Kamis, 9 Mei 2019 19:56 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Dan Mullan/GettyImages
Lucas Moura menjadi aktor kemenangan Tottenham Hotspur atas Ajax Amsterdam. Copyright: © Dan Mullan/GettyImages
Lucas Moura menjadi aktor kemenangan Tottenham Hotspur atas Ajax Amsterdam.

INDOSPORT.COM – Nama Lucas Moura tak bisa dilepaskan dari epic comeback yang dilakukan Tottenham Hotspur ketika mengalahkan Ajax dengan skor 3-2 pada leg kedua semifinal Liga Champions, Kamis (9/5/19) dini hari WIB.

Trigol Lucas Moura ke gawang Ajax membuat Tottenham berbalik unggul 2-3 setelah sempat tertinggal dua gol pada babak pertama. Kemenangan tersebut membuat The Lilywhites menyamakan agregat menjadi 3-3 dan berhak lolos ke partai final Liga Champions 2018/19 karena unggul agresivitas gol di kandang lawan.

Sebenarnya, bukan kali ini saja Lucas Moura menghebohkan sepak bola Eropa. Bukan karena prestasinya di atas lapangan, namun pemain asal Brasil itu pernah menjadi pusat perhatian karena nilai transfernya yang bikin geleng-geleng kepala.

Pada musim panas tahun 2012 silam, klub kaya Paris Saint-Germain menebus Lucas dari Sao Paulo dengan harga fantastis sebesar 35 juta euro atau sekitar Rp562 miliar.

Uang yang digelontorkan Paris Saint-Germain untuk memboyong Lucas bahkan sampai membuat manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, marah karena uang sebesar itu tidak pantas untuk pemain yang baru berusia 20 tahun dan belum punya pengalaman di sepak bola Eropa.

Didatangkan dengan dana super mahal, nyatanya Lucas gagal menunjukkan kapasitasnya sebagai wonderkid pada musim pertamanya bersama Paris Saint-Germain. Pada awal kedatangannya di Paris Saint-Germain, ia seperti menjadi bayang-bayang para pemain bintang Les Parisiens.

Pemain kelahiran Sao Paulo itu setidaknya membutuhkan waktu tiga musim untuk menemukan performa terbaiknya. Baru pada musim 2016/17, Lucas benar-benar membayar kepercayaan Paris Saint-Germain yang telah mengeluarkan banyak uang untuk dirinya. Pada musim tersebut, Lucas tampil dalam 37 pertandingan semua kompetisi dan mencetak 12 gol.

Tampil baik sepanjang musim 2016/17, namun Lucas harus menerima nasib menjadi ‘tumbal’ kedatangan Neymar pada musim berikutnya. Ia pun dilego ke klub Liga Primer Inggris, Tottenham Hotspur pada pertengahan musim 2017/18.

The Lilywhites menebus Lucas pada bursa transfer Januari 2018 dengan harga 25 juta euro atau sekitar Rp 400 miliar. Harga tersebut lebih murah dari harga yang dikeluarkan Paris Saint-Germain ketika memboyong Lucas dari Sao Paulo.

Setelah tampil buruk pada musim perdananya di Liga Primer Inggris, Lucas kini menjelma menjadi mesin gol baru Tottenham Hotspur, terutama setelah cedera yang dialami Harry Kane.

Musim ini, dari 31 pertandingan Liga Primer Inggris, Lucas telah menyumbang 10 gol dan satu assist. Sedangkan di Liga Champions, pemain yang kini berusia 26 tahun tersebut mengoleksi lima gol dari 11 pertandingan.

Penampilan impresif Lucas Moura sepanjang musim 2018/19 pun membuat nilai transfernya kembali membumbung tinggi. Berdasarkan laman Transfermarkt, kini Lucas berharga 32 juta euro atau sekitar Rp 513 miliar.

Terus Ikuti Berita Liga Champions Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM