Liga Champions

Termasuk Liverpool dan Tottenham, 6 Aksi Comeback di Liga Champions 2018/19

Kamis, 9 Mei 2019 17:32 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Chris Brunskill/GettyImages
Ekspresi kegembiraan para pemain Liverpool usai menghajar Barcelona dengan skor telak 4-0. Copyright: © Chris Brunskill/GettyImages
Ekspresi kegembiraan para pemain Liverpool usai menghajar Barcelona dengan skor telak 4-0.

INDOSPORT.COM – Kompetisi sepak bola antarklub terbesar di Eropa, Liga Champions, musim 2018/19 banyak diwarnai aksi comeback.

Adanya kemenangan-kemenangan di leg 1 yang berhasil dibalas seolah semudah membalikkan telapak tangan. Kemenangan yang diraih tidak hanya 1-0 atau 2-0, tetapi sampai 3-0!

Mereka yang sebelumnya tidak diprediksi di luar dugaan bisa memberikan kejutan. Hal tersebut lantas memberikan keunikan tersendiri musim ini.

Tak heran, UEFA Champions League (UCL) 2018/19 kerap dipelesetkan menjadi UEFA Comeback League. Setidaknya ada 6 laga yang diwarnai aksi comeback, berikut INDOSPORT merangkumnya untuk Anda.

Ajax Amsterdam vs Tottenham Hotspur

© Dan Mullan/GettyImages
Lucas Moura menjadi aktor kemenangan Tottenham Hotspur atas Ajax Amsterdam. Copyright: Dan Mullan/GettyImagesLucas Moura menjadi aktor kemenangan Tottenham Hotspur atas Ajax Amsterdam.

Masih hangat, Tottenham Hotspur berhasil lolos ke final Liga Champions untuk pertama kalinya setelah menyingkirkan Ajax Amsterdam, Kamis (09/05/19), di Johan Cruyff Arena.

Ajax menjalani leg 2 berbekal kemenangan 1-0 di kandang Tottenham. Mereka bahkan berhasil melebarkan agregat menjadi 3-0 usai unggul 2-0 di babak pertama.

Akan tetapi, Tottenham berhasil mengejar 3 gol selama 45 menit babak kedua. Biang keladinya adalah Lucas Moura yang mencetak hattrick.

Comeback Tottenham begitu terasa saat Lucas Moura mencetak gol penentu lolosnya The Lilywhites lewat gol krusial di menit ke-96.

Liverpool vs Barcelona

© Chris Brunskill/GettyImages
Sundulan berkelas dari gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum ke gawang Barcelona. Copyright: Chris Brunskill/GettyImagesSundulan berkelas dari gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum ke gawang Barcelona.

Tidak ada yang tak mungkin di sepak bola. Liverpool membuktikannya usai menang 4-0 atas Barcelona di Anfield, Rabu (08/05/19) lalu.

Barcelona tidak mampu mempertahankan kemenangan agregat 3-0 di kandang. Ini mengulang rekor buruk mereka musim lalu saat disingkirkan AS Roma 3-0 di Stadio Olimpico setelah menang 4-1 di leg 1.

Yang bertindak sebagai pahlawan Liverpool ialah Divock Origi dan Georginio Wijnaldum. Keduanya jarang tampil di Liga Champions namun mampu mengemas 2 gol atau brace.

Porto vs AS Roma

© Twitter @FCPorto
Bek FC Porto, Felipe, mengontrol bola dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions kontra AS Roma. Copyright: Twitter @FCPortoBek FC Porto, Felipe, mengontrol bola dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions kontra AS Roma.

Porto berhasil lolos ke 8 besar dengan susah payah. Kalah 1-2 di kandang Roma, Porto justru nyaris tumbang di leg 2 pada 7 Maret 2019 lalu.

Porto sejatinya mampu mengamankan peluang lolos saat Francisco Soares mencetak gol pada menit ke-26. Akan tetapi, Daniele De Rossi membuat kedudukan 1-1 dan memaksa Porto mencetak 2 gol.

Moussa Marega mengubah skor menjadi 2-1 pada menit ke-52. Pertandingan lantas dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu setelah agregat imbang 3-3.

Pertandingan nyaris berakhir penalti sampai akhirnya wasit menunjuk titik putih untuk Porto setelah pengamatan Video Assistant Referee (VAR) melihat adanya tarikan Alessandro Florenzi kepada pemain Porto di area terlarang. Alex Telles lantas menjadi pahlawan Porto lewat sepakan penaltinya di menit ke-117.

Real Madrid vs Ajax

© INDOSPORT
David Neres (Ajax) berhasil berhasil mencetak gol ke gawang Thibaut Courtois pada laga Liga Champions 16 besar di stadion Bernabeu, Rabu (06/03/19) Spanyol. Copyright: INDOSPORTDavid Neres (Ajax) berhasil berhasil mencetak gol ke gawang Thibaut Courtois pada laga Liga Champions 16 besar di Stadion Bernabeu, Rabu (06/03/19) Spanyol.

Laga ini menjadi ajang balas-membalas di kandang lawan. Ajax yang kalah 1-2 di kandang melawan Real Madrid berhasil mengembalikannya dengan skor 4-1 pada 6 Maret 2019.

Ajax berhasil menyingkirkan juara bertahan Real Madrid dengan agregat skor 5-3. Ini juga menandai kekalahan terbesar Real Madrid di Santiago Bernabeu.

Manchester United vs Paris Saint Germain (PSG)

© twitter.com/ChampionsLeague
Selebrasi pemain Manchester United usai mengalahkan PSG, Kamis (07/03/19). Copyright: twitter.com/ChampionsLeagueSelebrasi pemain Manchester United usai mengalahkan PSG, Kamis (07/03/19).

Manchester United menelan kekalahan 0-2 di Old Trafford pada leg 1 melawan PSG. Paul Pogba kala itu menerima kartu merah dan harus absen di leg berikutnya.

Dengan sejumlah pilar utama yang absen dan turun dengan mayoritas pemain muda, Manchester United justru berhasil comeback di kandang PSG pada 7 Maret 2019.

Manchester United menang 3-1 atas PSG. Gol penentu lolosnya anak asuh Ole Gunnar Solskjaer dicetak oleh Marcus Rashford di masa injury time menit ke-94.

Juventus vs Atletico Madrid

© Getty Images
Kekecewaan Alvaro Morata usai Atletico Madrid kalah dari Juventus Copyright: Getty ImagesKekecewaan Alvaro Morata usai Atletico Madrid kalah dari Juventus

Atletico Madrid menunjukkan keperkasaannya di Wanda Metropolitano saat mengalahkan Juventus 2-0 pada leg 1 babak 16 besar, 13 Maret 2019.

Akan tetapi, Atletico lupa kalau Juventus masih punya Cristiano Ronaldo. CR7 mengamuk di Allianz Stadium dengan memberondong 3 gol ke gawang Jan Oblak.

Gol penentu kemenangan Juventus dicetak Ronaldo melalui titik putih pada menit ke-86 setelah Federico Bernardeschi dijatuhkan di kotak penalti.

Liverpool Comeback Again, Saatnya Juara! 

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Champions dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM