Liga Indonesia

Apa Kabar Aldo Barreto, Striker Asing Peraih Gelar Top Scorer Liga Indonesia?

Sabtu, 11 Mei 2019 15:50 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© [email protected]_Barreto17
Aldo Barreto Miranda saat berseragam Gresik United. Copyright: © Twitter@Aldo_Barreto17
Aldo Barreto Miranda saat berseragam Gresik United.

INDOSPORT.COM - Salah satu striker asing asal Paraguay yang pernah meraih gelar top scorer Liga Indonesia ialah Fancisco Aldo Barreto Miranda. Bagaimana kabarnya kini?

Nama Aldo Barreto mulai diperhitungkan di kancah sepak bola nasional usai tampil mengesankan bersama PSM pada edisi 2006. Ia didatangkan dari klub Paraguay, Cerro Cora, untuk mengisi pos mesin gol Juku Eja yang kala itu ingin memenangi Liga Indonesia.

Debutnya di Indonesia sukses mengantarkan PSM lolos ke babak berikutnya usai finis di posisi ketiga wilayah timur dengan mengoleksi 42 angka.

Akan tetapi ia gagal mengangkat performa PSM ketika bermain di babak grup usai imbang dua kali dan kalah sekali serta hanya mendapatkan dua angka saja.

© [email protected]_Barreto17
Aldo Barreto Miranda pesepakbola asal Paraguay. Copyright: Twitter@Aldo_Barreto17Aldo Barreto Miranda pesepakbola asal Paraguay.

Barreto akhirnya dipinjamkan ke Persisam Putra Samarinda pada musim 2009, setelah membela PSM selama kurang lebih tiga musim dengan membuat 28 gol dari 62 laga.

Penampilannya bersama Persisam malah membaik dengan mengemas 13 gol dari 16 partai. Ia membawa Persisam juara Divisi Satu.

Barreto kemudian menerima pinangan PKT Bontang untuk musim 2009/10. Dia pun sukses mencatatkan namanya dalam daftar top skor Liga Indonesia dengan mengemas 19 gol dari 34 laga.

Ia mengalahkan nama-nama tenar lain seperti Cristian Gonzales (18 gol), Beto Goncalves (18 gol), Boaz Solossa (17 gol), dan Erick Lewis Weeks (17 gol).

Lalu pemain dengan tinggi 182 cm ini berlabuh ke Persiba Balikpapan dan bertahan selama dua musim (2010-2012). Aldo membukukan 33 gol dari 57 laga.

© [email protected]_Barreto17
Aldo Barreto Miranda saat berseragam Gresik United. Copyright: Twitter@Aldo_Barreto17Aldo Barreto Miranda saat berseragam Gresik United.

Performanya yang tetap stabil mendapat lirikan dari Sriwijaya FC dan Persib Bandung selepas tak melanjutkan karier di Persiba, tapi Barreto secara mengejutkan memilih gabung Persegres Gresik United (2013). Lalu menerima pinangan dari Persikabo Bogor (2014).

Pasca kenyang akan berpetualang di Indonesia, Barreto memilih pulang kampung ke Paraguay dan membela klub setempat, yakni Sportivo Luqueno (2014).

Lalu berlanjut ke Cerro Porteno PF (2014-2015) dan 30 Unidos (2016). Bahkan pada 2018 lalu ia sempat menyatakan siap jika klub Liga 1 menginginkan jasanya tetapi juga sadar kalau dirinya sudah tua.

Jejak digital yang coba ditelusuri tidak tampak akan pemberitaan dari Barreto. Bahkan akun media sosial Instagram pribadinya diatur menjadi privasi sehingga tak semua orang bisa mengakses laman utama akun sang legenda.

Rully Nere Pusing Ada Timnas Wanita Mendadak Hamil

Terus Ikuti Update Sepak bola Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
38%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
13%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
13%
IDS Emoticon Marah
Marah
38%