Bola Internasional

Timnas Indonesia Resmi Akan Lakoni Uji Coba Lawan Negara 'Antah Berantah'

Sabtu, 11 Mei 2019 05:25 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Skuat Timnas Indonesia saat melawan Timnas Myanmar dalam laga uji coba internasional FIFA, Senin (25/03/19). Copyright: © PSSI
Skuat Timnas Indonesia saat melawan Timnas Myanmar dalam laga uji coba internasional FIFA, Senin (25/03/19).

INDOSPORT.COM - Federasi sepak bola Indonesia, PSSI akhirnya berhasil mencarikan satu lawan lagi yang bersedia untuk melakoni pertandingan uji coba dengan Timnas Indonesia, yakni sebuah negara di benua Oceania, Vanuatu.

Kepastian tersebut dilontarkan oleh asisten pelatih Timnas Indonesia saat ini, Yeyen Tumena. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari persiapan Skuat Garuda, untuk menjalani pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 mendatang.

"Kami mau simulasikan jarak lima hari pertandingan di kualifikasi Piala Dunia pada dua laga uji coba itu. Karena tidak ada lagi persiapan timnas, setelah Juni langsung ke September," kata Yeyen kepada wartawan.

Sebelum melawan timnas Vanuatu pada 15 Juni nanti di Stadion Utama GBK, anak asuh Simon McMenemy itu lebih dahulu akan dihadapkan melawan timnas Yordania, pada 11 Juni mendatang di Yordania. 

"Pot satu itu isinya negara Arab, makanya kita pilih salah satu simulasi negara Arab dan satu lagi ASEAN atau Asia. Kalau ASEAN kita sudah tahu lah seperti apa. Jadi kita cari simulasi tim yang (levelnya) di atas kita dan di bawah kita dengan selisih pertandingannya lima hari," tambahnya.

© Vanuatu Daily Post
Skuat Timnas Vanuatu. Copyright: Vanuatu Daily PostSkuat Timnas Vanuatu.

Terakhir kali Timnas Indonesia bertanding melawan negara dari benua Oceania, mereka meraih hasil kurang memuaskan saat menjamu Fiji di Stadion Patriot, Bekasi pada tahun 2017 lalu.

Namun sayang, Timnas Indonesia gagal meraih kemenangan karena laga berakhir dengan skor 0-0. Timnas Vanuatu sendiri saat ini menempati peringkat ke-166 dunia dalam ranking FIFA. Sementara Indonesia, berada di peringkat ke-159.