Liga Indonesia

Hitung Mundur Liga 1 2019: Deretan Maskot Klub, Siapa Punya dan Tidak?

Selasa, 14 Mei 2019 11:30 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/Indosport.com
Maskot Persebaya, Jojo, dan maskot Persib, Prabu, bertukar jersey. Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Maskot Persebaya, Jojo, dan maskot Persib, Prabu, bertukar jersey.

INDOSPORT.COM - Menjelang kompetisi sepak bola nasional, Liga 1 2019, sederet klub idealnya memiliki sebuah maskot agar mudah dikenal publik. Maskot-maskot biasanya berupa julukan dari klub tersebut dan bakal hadir di pinggir lapangan untuk menghibur penonton.

Kehadiran maskot-maskot klub disambut baik oleh para penggemar sepak bola, dimana kerap kali diajak untuk foto bersama demi mengabadikan momen.

Jika klub memiliki julukan dari nama hewan, pastinya sang maskot tak jauh-jauh dari satwa tersebut. Berikut ini deretan maskot klub Liga 1 2019 yang berhasil dihimpun INDOSPORT.

1. Arema FC (Singo)

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Maskot Arema FC memeluk trofi Piala Presiden setelah mewujudkan nazarnya. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTMaskot Arema FC memeluk trofi Piala Presiden setelah mewujudkan nazarnya.

Arema FC memiliki maskot yang kerap kali disebut Singo alias Singa. Kostum Singo mulai tenar di publik Indonesia ketika dikenakan salah satu suporter yang sering menonton Arema FC.

2. Bali United (Jalbo)

© North Side Boys 12
Maskot Bali United, Jalbo Copyright: North Side Boys 12Maskot Bali United, Jalbo.

Bali United memiliki maskot yang bernama Jalbo alias Jalak Boys. Ia terinspirasi akan sebuah burung Jalak Bali yang terancam punah.

3. Barito Putera (Bakantan)

© nazhreel.blogspot.com
Maskot Barito Putera. Copyright: nazhreel.blogspot.comMaskot Barito Putera, Bakantan.

Lalu Barito Putera juga memiliki maskot yang diberi nama Bakantan atau akronim Binatang Kalimantan. Sosok Bakantan adalah Simpanse khas Kalimantan Selatan.

4. Borneo FC (Orca)

© Borneo FC
Maskot Borneo FC, Orca. Copyright: Borneo FCMaskot Borneo FC, Orca.

Kemudian Borneo FC juga punya maskot tim bernama Orca yang diambil dari istilah Latin hewan pesut, yaitu Orcaella Brevirostris.

5. Madura United (MadRuji)

© Instagram/@maduraunited.fc
Patrich Wanggai dan Guy Junior Berfoto dengan Maskot Madura United, Madruji. Copyright: Instagram/@maduraunited.fcPatrich Wanggai dan Guy Junior Berfoto dengan Maskot Madura United, Madruji.

Madura United juga mempunyai maskot tim dengan nama MadRuji. Maskot tersebut memiliki simbol ke-Madura-a dan panggilan Mad hanya akrab di Madura saja.

6. Persebaya Surabaya (Jojo-Zoro)

© Media Persebaya
Maskot Persebaya berwujud ikan hiu bernama Soro. Copyright: Media PersebayaMaskot Persebaya berwujud ikan hiu bernama Soro.

Jojo, sosok buaya dan Zoro, sosok hiu adalah maskot yang dimiliki oleh Persebaya Surabaya. Mengingat logo Persebaya memiliki dua hewan tersebut.

7. Persela Lamongan (Mas Karebet)

Maskot Persela Mas Karebet (tengah) diapit oleh maskot Persebaya Zoro (kiri), dan Jojo (kanan). Copyright: Instagram@specials.id35Maskot Persela Mas Karebet (tengah) diapit oleh maskot Persebaya Zoro (kiri), dan Jojo (kanan).

Mas Karebet adalah maskot dari tim Persela Lamongan. Maskot ini menjadi representasi Joko Tingkir yang telah diperkenalkan ke publik pada Sabtu (11/05/19) lalu.

8. Persib Bandung (Prabu)

© persib.co.id
Maskot Persib Bandung, Prabu. Copyright: persib.co.idMaskot Persib Bandung, Prabu.

Persib Bandung telah memperkenalkan maskot resminya yang diber nama Prabu akhir Desember 2018 lalu. Nama Prabu adalah akronim dari Pangeran Biru.

9. Persija Jakarta (Macan)

© Twitter/@CantarraNavie
Maskot Persija. Copyright: Twitter/@CantarraNavieMaskot Persija.

Maskot Persija Jakarta juga tak kalah menariknya, di mana berbentuk macan yang berwarna merah disertai garis-garis hitam disekitar tubuhnya. Sekilas maskot ini mirip dengan karakter Tiger dalam cerita kartun Amerika Serikat, Winnie the Pooh.

10. PSIS Semarang (Emje)

© Picdeer.com/Emje.1932
Mr. MJ maskot dari PSIS Semarang bersama Jojo maskot Persebaya. Copyright: Picdeer.com/Emje.1932Mr. MJ maskot dari PSIS Semarang bersama Jojo maskot Persebaya.

PSIS Semarang tak mau kalah, mereka memiliki maskot bernama Emje atau sinkatan dari Mahesa Jenar. Ciri khas Emje adalah blangkon seorang pria dari Tanah Jawa.

11. PSM Makassar (Rooster)

© TRIBUN TIMUR/ILHAM MULYAWAN
Maskot PSM Makassar Copyright: TRIBUN TIMUR/ILHAM MULYAWANMaskot PSM Makassar, Rooster.

PSM Makassar memiliki maskot yang bernama Rooster. Maskot berwujud ayam ini diperkenalkan pertama kali oleh salah satu kelompok suporter PSM, Laskar Ayam Jantan, pada 2016.

12. PSS Sleman (Falcao)

© twitter.com/ediljiwantoro
Maskot PSS Sleman, Falcao. Copyright: twitter.com/ediljiwantoroMaskot PSS Sleman, Falcao.

Lalu ada PSS Sleman yang telah memiliki maskot bernama Falcao. Bentuk Falcao sendiri ialah burung Elang Jawa dan kerap kali bertingkah di pinggir lapangan.

13. Semen Padang (Babau)

© http://spartacks-solok.blogspot.com
Kabau Sirah, maskot dari tim Semen Padang. Copyright: http://spartacks-solok.blogspot.comKabau Sirah, maskot dari tim Semen Padang.

Lalu Semen Padang punya maskot yang berwujud kerbau berwarna merah dengan tanduk corak kuning. Ia kerap kali ada saat Semen Padang tampil dan biasa dipanggil dengan nama Babau.

Meski begitu, ternyata tak semua klub Liga 1 2019 memiliki maskot. Masih ada beberapa yang tak memiliki, atau bisa juga belum kepikiran memakai maskot, seperti Persipura Jayapura, Tira-Persikabo, Badak Lampung FC, Kalteng Putra, dan Bhayangkara FC.

Rully Nere Pusing Ada Timnas Wanita Mendadak Hamil

Terus Ikuti Update Liga 1 2019 dan Sepak bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
80%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
20%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%