In-depth

Analisis Pekan Perdana Liga 1: Persipura Punya Kans Mempermalukan Persib di Kandang

Rabu, 15 Mei 2019 16:00 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Isman Fadil
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pemain Persipura Jayapura Oh In-Kyun ketika memegang bola saat melawan PSM Makassar di Piala Presiden 2019, Minggu (10/03/19). Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pemain Persipura Jayapura Oh In-Kyun ketika memegang bola saat melawan PSM Makassar di Piala Presiden 2019, Minggu (10/03/19).
Skuat yang Lebih Komplet

Luciano kini tak akan banyak kesulitan untuk menentukan komposisi skuatnya dalam mengarungi kompetisi Liga 1 2019.

Selain masih diperkuat oleh 80 persen pemain lawasnya, kedatangan Oh-Inkyun, Andre Ribeiro, Mario Fabio Londok, Godstime Olisa, Ibrahim Conteh, Mamadou Samassa dan sejumlah pemain muda di awal musim ini akan memberikan banyak opsi bagi Luciano dalam menyusun formasi yang diinginkan.

Jika musim sebelumnya Persipura masih memiliki problem di lini pertahanan, namun kondisi tersebut kini lebih nyaman dengan kehadiran bek asal Brasil, Andre Ribeiro dan bek naturalisasi, Godstime Olisa. 

Persipura juga memiliki pelapis tangguh di posisi penjaga gawang, setelah berhasil mendaratkan kiper potensial eks Persidago Gorontalo, Mario Fabio Londok.

Setidaknya, pertahanan Persipura sudah lebih kokoh dalam empat laga uji coba yang dijalani. Persipura hanya kebobolan 2 gol dan memasukkan 11 gol di empat laga uji coba tersebut.

Sementara perekrutan trio pemain asing Oh-Inkyun, Ibrahim Conteh dan Mamadou Samassa untuk mengisi lini tengah dan lini depan adalah keputusan yang tepat, mengingat ketiganya sudah memiliki jam terbang di kompetisi sepak bola Indonesia.

Persiapan yang Lebih Matang

Masa recovery pemain dan waktu yang lebih banyak didapat pasca kegagalan di Piala Presiden dan Piala Indonesia juga akan menjadi keuntungan bagi tim mutiara hitam.

Meski harus menggonta ganti pemain asingnya dalam masa pemusatan latihan (TC) yang digelar di Kota Magelang. Namun tim asuhan Luciano Leandro ini telah menunjukkan progres yang signifikan.

Persiapan intensif selama hampir sebulan itu perlahan membuahkan hasil menyusul empat kemenangan di empat laga uji coba.

"Pemain sudah mengerti dengan apa yang didapat saat menjalani latihan. Mereka sudah tidak buru-buru dalam menguasai bola, dan lebih kompak dalam organisasi permainan," jelas Luciano kepada INDOSPORT.com, Selasa (14/05/19).

Hal tersebut berbanding terbalik dengan kondisi Persib yang baru saja menyelesaikan pertarungannya di babak perempatfinal Piala Indonesia.

Tak hanya itu, pergantian posisi pelatih Persib dari Miljan Radovic ke tangan Robert Rene Alberts juga memberikan keuntungan bagi kubu Persipura. Pasalnya, tim Maung Bandung itu tak punya banyak waktu untuk mempersiapkan tim jelang laga perdana kontra Persipura.

"Dengan pergantian pelatih baru kita tahu itu akan membuat Persib tak punya banyak waktu untuk persiapkan tim dan itu akan menjadi keuntungan buat kita. Tapi kita tidak akan memikirkan kondisi lawan, kita hanya fokus pada persiapan kita," ujar Luciano.

Tetap Waspada 

Meski diuntungkan dengan skuat yang lebih komplit dan waktu persiapan yang lebih panjang, Luciano tetap mewanti-wanti anak asuhnya untuk selalu mewaspadai ancaman dari skuat Persib. 

Menurutnya, Persib masih memiliki skuat yang berisikan pemain-pemain berkualitas dan akan menjadi lawan yang sulit, apalagi akan bermain di rumah sendiri.

"Persib adalah tim kuat, mereka juga sudah lama membentuk tim dan punya pemain-pemain yang bagus," jelasnya.

Kendati begitu, Luciano tetap menaruh percaya pada skuatnya. Ia bahkan menyebutkan jika kualitas pemain yang dimilikinya tidak kalah bagus dengan Skuat Persib.

"Persipura punya skuat tidak kalah berkualitas, dan saya tetap percaya untuk pemain yang kita punya dan kerja sama yang dimiliki tim ini," tandasnya.

Gunakan Formasi 4-3-3

Jika menilik pada komposisi skuatnya saat ini, Luciano Leandro nampaknya masih akan menggunakan skema 4-3-3 yang masih menjadi formasi pakem Persipura.

Formasi ini sangat ideal untuk menopang permainan Persipura yang bertipikal agresif dan kolektif. Formasi ini dinilai bisa meredam serangan kilat pemain-pemain sayap Persib Bandung yang memiliki kecepatan.

© INDOSPORT
Perkiraan formasi Persipura Jayapura saat melawan Persib Bandung di pekan perdana Liga 1 2019 Copyright: INDOSPORTPerkiraan formasi Persipura Jayapura saat melawan Persib Bandung di pekan perdana Liga 1 2019

Prediksi Starting XI Persipura

Kiper: Dede Sulaiman
Bek: Yustinus Pae, Andre Ribeiro, Godstime Olisa, Valentino Telaubun
Tengah: Oh-Inkyun, Imanuel Wanggai, Ibrahim Conteh
Depan: Titus Bonai, Boaz Solossa (C), Marinus Wanewar

Geledah Stadion Persitara Bareng Pentolan NJ Mania

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga 1 Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%