Liga Indonesia

Termasuk Arema FC, 6 Tim Liga 1 Ini Banyak Depak Pemain Asing di Paruh Musim

Jumat, 17 Mei 2019 14:30 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Ilustrasi/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Termasuk Arema FC, 6 klub Liga 1 ini sering depak pemain asing. Copyright: © Ilustrasi/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Termasuk Arema FC, 6 klub Liga 1 ini sering depak pemain asing.

INDOSPORT.COM -  Sejauh ini ada enam tim Liga 1 yang banyak mendepak pemain asing saat paruh musim kompetisi dan mereka melepasnya di waktu yang tak menentu. Salah satu klub Liga 1 yang juga melepas pemain asingnya sebelum kompetisi berakhir termasuk Arema FC.

Setiap bursa transfer, para kontestan Liga 1 bakal mencari pemain asing yang dinilai memiliki kualitas mumpuni. Karena kehadiran mereka dituntut untuk bisa membawa kemenangan tiap laga.

Akan tetapi nasib pemain asing di Liga 1 kadang ada yang berjalan manis dengan bertahan semusim dan ada pula yang kurang baik dengan didepak klub.

Melepas pemain yang tak sesuai skema pelatih bukan menjadi hal yang baru di Liga 1 atau bisa dibilang lumrah. Lantaran setiap tim Liga 1 menginginkan juara.

Bahkan berdasarkan catatan yang ditelusuri redaksi INDOSPORT, dalam dua musim terakhir Liga 1, terdapat enam klub yang banyak sekali mendepak pemain asing. Siapa saja mereka?

1. Bali United

© Rudy Merta/INDOSPORT
Demerson Bruno Costa Saat Konferensi Pers bersama Bali United. Copyright: Rudy Merta/INDOSPORTDemerson Bruno Costa Saat Konferensi Pers bersama Bali United.

Bali United menjadi salah satu klub Liga 1 yang banyak  mendepak pemain asing. Hal itu terjadi pada musim 2018 dimana Serdadu Tridatu melepas tiga pemain pada tengah musim.

Demerson (Brasil), Ahn Byung-keon (Korea Selatan), dan Milos Krkotic (Montenegro) adalah para pemain asing yang didepak oleh klub Liga 1.

2. Borneo FC

© Instagram/@faubert_julien _18
Gelandang Borneo FC Julien Faubert. Copyright: Instagram/@faubert_julien _18Mantan gelandang Borneo FC Julien Faubert.

Lalu ada Borneo FC yang juga menjadi tim Liga 1 banyak mendepak pemain asing. Kejadian tersebut berlangsung pada musim 2018 lalu.

Pesut Etam mesti mendepak Marlon da Silva (Brasil), Julien Faubert (Martinique), dan Srdan Lopicic (Montenegro) saat paruh musim.

3. Madura United

© Herry Ibrahim/Indosport
Pemain baru Madura United, Boubacar Sanogo mengikuti latihan bersama tim nya jelang lawan Persija Jakarta. Copyright: Herry Ibrahim/IndosportPemain baru Madura United, Boubacar Sanogo mengikuti latihan bersama tim nya jelang lawan Persija Jakarta.

Selanjutnya Madura United juga sempat mendepak banyak pemain asing di Liga 1 dalam satu musim. Hal itu terjadi pada edisi 2017 silam.

Madura United sampai melepas Cameron Watson (Australia), Boubacar Sanogo (Pantai Gading), dan Redouane Zerzouri (Maroko) dengan pemain asing lain.

4. TIRA-Persikabo

© goal.com
Gelandang PS TIRA, Gustavo Lopez Copyright: goal.comMantan gelandang TIRA-Persikabo, Gustavo Lopez

Tim Liga 1 lainnya yang pernah mendepak banyak pemain asing ialah TIRA-Persikabo. Tim yang baru merger ini melakukannya pada musim 2017 dan 2018.

Pada 2017, TIRA-Persikabo melepas Facundo Talin (Argentina), Leonel Nunez (Argentina), Aboubacar Camara (Guinea), dan Aboubacar Sylla (Guinea).

Hal serupa juga terpaksa dilakukan TIRA-Persikabo pada musim 2018 dengan melepas Gustavo Lopez (Argentina), Mariano Beriiex (Argentina), dan Kim Sang-min (Korea Selatan).

5. PSMS Medan

© Kesuma Ramadhan/INDOSPORT
Wilfreid Yessoh melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Barito Putera. Copyright: Kesuma Ramadhan/INDOSPORTWilfreid Yessoh melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Barito Putera.

PSMS Medan menjadi tim Liga 1 berikutnya yang pernah mendepak banyak pemain asing pada paruh musim. Tim berjuluk Ayam Kinantan melakukannya pada musim 2018 sebelum degradasi ke Liga 2.

Pemain seperti Wilfried Yessoh (Pantai Gading), Sadney Urikhob (Nambia), dan Dilshod Sharofetdinov (Uzbekistan) pernah didepak PSMS Medan pada paruh musim.

6. Arema FC

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Thiago Furtuoso Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTMantan pemain Arema FC Thiago Furtuoso.

Terakhir ada Arema FC yang merupakan kontestan Liga 1 pernah mendepak pemain asing saat paruh musim. Singo Edan pernah melakukannya pada musim 2018.

Thiago Futruoso (Brasil), Balsa Bozovic (Montenegro), dan Ahmet Atayew (Turkmenistan) adalah pemain-pemain asing yang pernah didepak Arema FC.

Selain keenam tim tadi, para kontestan Liga 1 kebanyakan hanya melepas satu hingga dua pemain asing saja pada paruh musim.

Terus Ikuti Update Liga 1 2019 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.