Bola Internasional

Dari Penelitian pada 71 Ribu Pemain, Inilah Sosok dengan Skill Paling Mirip Messi

Selasa, 21 Mei 2019 13:28 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Matthias Hangst/GettyImages
Lionel Messi, megabintang Barcelona yang 'mirip' dengan Eden Hazard. Copyright: © Matthias Hangst/GettyImages
Lionel Messi, megabintang Barcelona yang 'mirip' dengan Eden Hazard.

INDOSPORT.COM – Studi menyatakan bahwa Lionel Messi adalah pemain terbaik dunia saat ini. Namun, jika ditanya dari 71,6 ribu pemain di dunia yang paling mendekati kemampuannya, jawabannya adalah bintang Chelsea asal Belgia, Eden Hazard.

Hal tersebut disampaikan oleh perusahaan analisis data olahraga Driblab. Mereka membuat 12 indikator performa untuk menemukan pesepak bola mana yang memiliki kemampuan yang mirip dengan Messi.

Indikator tersebut meliputi partisipasi permainan, gol per tembakan, peluang gol, jumlah tembakan, sentuhan di kotak penalti lawan, peluang assist, umpan kunci, jumlah kehilangan bola, pressing, dan jumlah tembakan berhasil.

Adapun alasan penggunaan indikator tersebut didasarkan pada kemampuan Messi dalam menyerang. Publik sepak bola dunia tentu kerap menyaksikannya mencetak gol indah, membuat assist yang menakjubkan, hingga melewati lawan dengan mudah. 

Dari 12 indikator itu, nama Hazard berada di peringkat teratas dengan presentase kemiripan 92,7 persen. Munculnya Hazard sendiri tak mengherankan karena dirinya menjadi ‘Messi-nya Chelsea’ dalam beberapa tahun terakhir.

Hazard mencatatkan statistik terbaik dalam kompetisi Liga Primer Inggris musim 2018/19 ini. Dengan 16 gol dan 15 assists-nya, ia meraih peringkat pertama dengan rating 7,81 dari situs WhoScored. Ia unggul atas bintang lainnya seperti Raheem Sterling dan Mohamed Salah.

Hazard lebih baik dari Messi hanya dalam tiga aspek indikator, yakni dari jumlah kehilangan bola, jumlah pressing, dan dribel sukses. Sisanya, Messi mengungguli pesepak bola asal Belgia itu.

Selanjutnya, Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain) berada di belakang Hazard dengan presentase kemiripan 91,3 persen dan disusul Sergio Aguero (Manchester City) dengan 91,1 persen.

Driblab juga menemukan beberapa wonderkid dunia yang paling memiliki kemiripan dengan Messi. Beberapa nama di antaranya adalah Steven Bergwijn (PSV Eindhoven), Ianis Hagi (Viitorul Constanta), dan Oussama Idrissi (AZ Alkmaar). Uniknya, dari tiga nama tersebut, tak ada yang pernah disamakan dengan Messi seperti Egy Maulana Vikri.

Ikuti Update Berita Sepak Bola Internasional dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%