Liga Indonesia

Ingat Juan Belencoso? Terpuruk di Persib Kini Malah Bersinar di Liga Spanyol

Selasa, 21 Mei 2019 09:01 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Juan Belencoso saat masih membela Persib Bandung. Copyright: © Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Juan Belencoso saat masih membela Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Apakah Bobotoh tampaknya masih ingat dengan penyerang asal asing Juan Carlos Rodriguez Belencoso? Sempat terpuruk di Persib Bandung, kini ia malah bersinar di Liga Spanyol.

Pemain yang disapa Juan Belencoso ini lahir pada 1 September 1981 silam di Elche de la Sierra, Spanyol. Juan merupakan striker dengan tinggi 186 cm.

Dengan postur tubuh yang pas untuk ukuran pesepak bola Eropa tentu kariernya pasti gemilang. Lantaran ketika membela beberapa klub di Spanyol, ia kerap kali mencetak gol lebih dari 10.

Pernah dalam dua musim membela klub asal Spanyol Merida Union Deportiva pada 2004-2006, Juan Belencoso sukses membukukan 26 gol dari 55 laga yang dijalaninya di semua kompetisi.

Hal serupa juga pernah ia rasakan saat membela klub Hong Kong Kitchee selama dua musim (2013-2015). Total 30 gol dari 39 partai yang dijalani telah dibuat Juan Belencoso.

© Ginanjar/INDOSPORT
Juan Carlos Rodriguez Belencoso di pertandingan melawan Mitra Kukar. Copyright: Ginanjar/INDOSPORTJuan Carlos Rodriguez Belencoso di pertandingan melawan Mitra Kukar.

Atas tajamnya Juan Belencoso, ternyata klub besar Liga Indonesia Persib Bandung sempat kepincut. Tak tanggung-tanggung, Persib langsung mendatakan Juan Belencoso.

Persib harus merogoh kocek besar hingga Rp6,5 miliar (360 ribu poundsterling) untuk menggaet Juan Belencoso berdasarkan situs Transfermarkt per 11 Mei 2015 lalu.

Akan tetapi harga yang dikeluarkan Persib ternyata tak sebanding dengan penampilan Juan Belencoso ketika tampil di Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016.

Juan pun dituntut Persib untuk menularkan ketajamannya dalam membobol gawang lawan. Namun setelah tampil sebanyak 11 kali, Juan seperti lupa caranya mencetak gol.

Manajemen Persib pun akhirnya gerah dan tak ragu mendepak Juan Belencoso pada pekan ke-15 ISC A 2016. Ketajamannya menjadi tumpul ketika bermain di Indonesia.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi pemain asing Persib Bandung Juan Carlos Belencoso melakukan shooting. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTAksi pemain asing Persib Bandung Juan Carlos Belencoso melakukan shooting.

Pasca didepak Persib, Juan Belencoso pun berkelana ke klub Liga 1 India Atletico Kolkata pada 2016. Ia hanya mencetak dua gol dari 16 laga yang telah dijalani.

Akhirnya Juan pun kembali ke kampung halaman dan bermain bersama klub kasta keempat kompetisi Spanyol Union Deportiva Socuellamos pada Maret 2017.

Lalu pada September 2017 Juan direkrut Mar Menor FC dan sukses mengemas 21 gol dari 34 penampilan. Pada musim depannya ia kembali direkrut Union Deportiva Socuellamos.

Puncak karier Juan Belencoso pun digapai usai berhasil mengantarkan Union Deportiva Socuellamos juara Tercera Division 2018/2019 (Grup 18) dengan mengoleksi 91 poin dari 38 laga.

Union Deportiva Socuellamos dipastikan naik kasta ke Segunda B Division musim 2019/2020. Juan pun mengoleksi 18 gol dari sejumlah laga yang dijalani musim ini.

Terus Ikuti Update Juan Belencoso dan Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.