Liga Indonesia

Inilah Starting XI Timnas Indonesia Kumpulan Pemain Naturalisasi, Dream Team?

Kamis, 23 Mei 2019 14:34 WIB
Editor: Juni Adi
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Starting XI Timnas Indonesia Jika Proses Naturalisasi, Dream Team. Grafis: Yanto/Indosport.com Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Starting XI Timnas Indonesia Jika Proses Naturalisasi, Dream Team. Grafis: Yanto/Indosport.com

INSPORT.COM - Program naturalisasi yang dilakukan oleh PSSI untuk kepentingan Timnas Indonesia, rupanya masih terus berlanjut hingga saat ini.

Pertama kali dilakukan pada tahun 2010, tercatat sudah ada beberapa pemain asing yang kini mengubah status kewarganegaraannya menjadi WNI.

Dalam satu tahun terakhir saja, Indonesia telah menaturalisasi enam pemain diantaranya Ezra Wallian, Guy Junior, Ilija Spasojevic, OK John, Alberto Goncalves dan Esteban Vizcarra.

Yang terbaru ada nama gelandang PSM Makassar, Marc Klok yang tengah menjalani proses naturalisasi untuk berganti paspor Belanda ke paspor hijau berlambang Garuda.

"Pertama-tama, saya ingin sampaikan bagi yang mungkin belum mengetahui hal ini: Saya sedang menyelesaikan proses naturalisasi saya," kata Marc Klok di kutip dari postingan Instagram pribadinya, @marcklok

"Kenapa? Sederhana saja. Saya merasa bahwa ini ada rumah bagi saya. Lebih dari yang saya rasakan ditempat tempat lain. Saya berterimakasih untuk kalian semua," tambahnya.

Selain Marc Klok, beberapa nama lain yang juga antre untuk menjadi WNI dengan jalur naturalisasi diantaranya Yoo Jae-hoon, Sandy Walsh, Silvio Escobar, Fabiano Beltrame, Yu Hyun Koo dan beberapa nama lainnya. 

Jika proses naturalisasinya nama-nama di atas berjalan lancar dan rampung, akan jadi sebuah keuntungan besar untuk Timnas Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.

Bahkan, jika ditotal para pemain naturalisasi tersebut sudah bisa membuat satu tim untuk Timnas Indonesia, karena masing-masing posisi telah lengkap.

Di posisi kiper, ada nama Yoo Jae-hoon yang siap jadi WNI. Kecintaannya terhadap Indonesia membuat mantan pemain Persipura itu rela melakukan naturalisasi.

"Tentu saya jatuh cinta dengan Indonesia. Kalau nggak jatuh cinta pada Indonesia, untuk apa saya naturalisasi? Ngapain saya ingin jadi WNI?" " ucap Jae-hoon yang saat ini masih jadi warga Korea Selatan.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Kiper Barito Putera, Yoo Jae-hoon Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTKiper Barito Putera, Yoo Jae-hoon

Sementara di posisi lini belakang, mulai dari sektor bek kanan hingga bek kiri juga sudah ada. Bek kanan, siap ditempati oleh Sandy Walsh yang naturalisasinya juga dalam proses.

Di sektor bek tengah siap dihuni oleh Fabiano Beltrame, Otavio Dutra dan Viktor Igbonefo yang kini bermain di liga utama Thailand. Dan di kiri, ada nama pemain garang dan tak kenal kompromi Diego Michiels.

Sedangkan di sektor tengah, pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy punya pilihan nama yang cukup banyak mulai dari Stefano Lilipaly, Marc Klok, Kim Jeffrey Kurniawan, Guy Junior, Esteban Vizcarra, Yu Hyun Koo, dan Raphael Maitimo.

Pun juga nama-nama di lini depan yang juga cukup numpuk, untuk jadi pilihan utama di skuat Timnas Indonesia seperti Ilija Spasojevic, Greg Nwokolo, Alberto Goncalves, Silvio Escobar, Irfan Bachdim, Ezra Walian, OK John, Herman Dzumafo, dan Cristian Gonzales.

Berikut Starting XI Timnas Indonesia Jika Diisi Pemain Naturalisasi:

© Grafis: Yanto/Indosport.com
Starting XI Timnas Indonesia Jika Proses Naturalisasi, Dream Team. Grafis: Yanto/Indosport.com Copyright: Grafis: Yanto/Indosport.comStarting XI Timnas Indonesia Jika Proses Naturalisasi, Dream Team. Grafis: Yanto/Indosport.com

Cadangan: Fabiano Beltrame, Raphael Maitimo, Kim Jeffrey Kurniawa, Guy Junior, Spasojevic, OK John, Cristian Gonzales, Yu Hyun Koo, Silvio Escobar, dan Shohei Matsunaga.

IDS Emoticon Suka
Suka
60%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
20%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
20%