Liga Indonesia

Apa Kabar Jordy de Kat? Pemain Berdarah Indonesia-Belanda Kenalan Cristian Gonzales

Jumat, 24 Mei 2019 15:59 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© kliknieuws.nl
Jordy de Kat (kiri) saat masih berkarier di Belanda Copyright: © kliknieuws.nl
Jordy de Kat (kiri) saat masih berkarier di Belanda

INDOSPORT.COM – Nama Jordy de Kat pernah mewarnai sepak bola Indonesia ketika pemain berdarah Indonesia-Balanda itu dipanggil PSSI untuk mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-23 pada tahun 2011 silam.

Jordy mendapat panggilan seleksi Timnas Indonesia U-23 yang saat itu sedang melakukan persiapan untuk menghadapi ajang SEA Games 2011 dan Pra-Olimpiade 2012.

Alfred Riedl yang saat itu menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia U-23 memberi kesempatan Jordy untuk mengikuti pemusatan latihan di Jakarta. Jordy yang lahir di Oss, Belanda, memang punya garis keturunan Indonesia.

Ayah Jordy, James de Kat, dan sang ibu, Anna Budijatie, merupakan warga Semarang, Jawa Tengah. Bahkan pemain kelahiran 10 Januari 1990 itu masih punya hubungan ikatan keluarga besar dengan eks penyerang Timnas Indonesia, Cristian Gonzales.

Hubungan saudara Jordy dengan Gonzales berasal dari kedua orangtuanya yang merupakan keponakan Eva Siregar, istri penyerang yang kini membela klub PSIM Yogyakarta tersebut.

Namun sayangnya, kehadiran Jordy di sepak bola Indonesia hanya sebentar saja. Meski permainannya sempat menarik perhatian Riedl, ia akhirnya gagal lolos seleksi Timnas Indonesia U-23.

Selepas mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-23, Jordy kemudian dipulangkan ke Belanda. Ia kemudian melanjutkan karier sepak bola dengan membela sejumlah klub amatir di Liga Belanda.

Jordy terakhir kali bermain untuk klub amatir kota kelahirannya, SV TOP, pada tahun 2015 lalu. Sebelumnya, pemain berposisi penyerang sayap itu juga sempat bermain untuk klub SV AWC di kompetisi sepak bola amatir Liga Belanda.