Liga Indonesia

Antisipasi Pemanggilan Timnas, Persebaya Biasakan Main Tanpa 3 Pilar

Sabtu, 25 Mei 2019 21:45 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Osvaldo Haay saat mengikuti laga uji coba di Stadion GBT. Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Osvaldo Haay saat mengikuti laga uji coba di Stadion GBT. Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Persebaya Surabaya menggelar pertandingan uji coba tertutup melawan Malang United di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, pada Sabtu (25/5/19). Mereka memetik kemenangan telak delapan gol tanpa balas.

Namun, bukan banyaknya gol yang dilihat oleh pelatih Djajang Nurdjaman, melainkan dua hal penting, yakni soal lini depan dan juga sentuhan akhir pemainnya. Dia menilai Persebaya masih harus berbenah diri agar bisa jauh lebih baik lagi.

"Kekurangan-kekurangan yang kami alami kemarin kami coba perbaiki di sini, terutama lini depan saat menyerang dan melakukan sentuhan akhir di depan gawang lawan," ucap Djanur, sapaan akrab Djajang.

Cederanya striker Amido Balde ternyata membuat dampak yang sangat signifikan bagi Persebaya. Belum ada pelapis sepadan usai pemain berpaspor Guinea-Bissau itu ditarik keluar di tengah laga melawan Kalteng Putra, Selasa (21/5/19) kemarin.

Pada uji coba tadi, Djanur pun mencoba beberapa pola dan skema tim  dengan tidak adanya Amido Balde di sana. Hasilnya, pelatih berusia 60 tahun itu mengaku masih perlu melakukan beberapa evaluasi kepada anak asuhnya.

Pekerjaan rumah Djanur tidak berhenti sampai di situ saja karena sejumlah pemain Persebaya harus absen lantaran dipanggil timnas Indonesia. Untuk itulah Djanur berusaha mengoptimalkan pemain-penain lain pada laga uji coba kontra Malang United.

"Kami tadi tidak memainkan pemain yang dipanggil timnas seperti M. Alwi Slamat, Rachnat Irianto, dan Osvaldo Haay," tutup Djanur. 

Uji coba ini sebagai bentuk persiapan Persebaya menjelang lanjutan Shopee Liga 1 2019 menghadapi PSIS Semarang di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada Kamis (30/5/19).