Liga Spanyol

Copa del Rey: Dibantai Valencia, Pendukung Barcelona Serukan Valverde Out

Minggu, 26 Mei 2019 11:42 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Banyak pendukung Barcelona yang meminta Ernesto Valverde dipecat dari kursi pelatih setelah kalah dari Valencia di Final Copa del Rey 2018/19. Copyright: © INDOSPORT
Banyak pendukung Barcelona yang meminta Ernesto Valverde dipecat dari kursi pelatih setelah kalah dari Valencia di Final Copa del Rey 2018/19.

INDOSPORT.COM – Kekalahan Barcelona di final Copa del Rey 2018/19 mengantarkan Valencia keluar sebagai juara baru. Parahnya, kekalahan ini memicu protes pendukung yang meminta pelatih Ernesto Valverde harus dipecat.

Valencia sukses meraih gelar juara Copa del Rey 2018/19 usai mengalahkan Barcelona di partai final dengan skor 2-1, Minggu (26/05/19) di Stadion Benito Villamarin.

Pada laga sepak bola tersebut, Blaugrana hanya mampu memperkecil kedudukan lewat Lionel Messi pada menit ke-73, setelah sebelumnya Valencia unggul dua gol melalui aksi Kevin Gameir (21') dan Rodrigo (33').

Kekalahan tersebut membuat seluruh Barcelona berduka. Pasalnya, mereka gagal mempertahankan gelar juara Copa del Rey yang selalu mereka raih dalam empat musim terakhir.

Hal ini juga membuat Ernesto Valverde menjadi sorotan para penggemar. Mereka meramaikan jagad dunia maya dengan taggar #ValverdeOut, untuk meminta klub segera memecat pelatih sepak bola yang sudah bekerja sejak 2017 lalu.

“Valverde akan undur diri sesegera mungkin jika dia masih punya harga diri. Lucho (Luis Enrique) pergi saat dia menyadari dia tidak bisa membawa tim lebih jauh dan kami mulai menurun. begitu juga Pep (Guardiola). Apapun yang dikatakan para pemain," tulis Josip. 

"Ketika Valverde dipecat dan dan saya akhirnya beristirahat selama dua tahun dari propaganda #ValverdeOUT," tulis Kyle. 

Seorang penggemar langsung mengunggah poster Valverde dengan latar belakang bendera Barcelona, dia menulis "Sebuah gambar lebih berarti dari ribuan kata-kata."

"Barca kehilangan Copa del Rey dari Valencia tapi kemudian berterima kasih kepada Valencia. Sekarang, ada peluang besar untuk Valverde dipecat," tulis Jesus Cruz.

"Kami ingin Valverde keluar dari Barcelona. Dia pelatih yang buruk dan dia membuat keputusan buruk di momen krusial. Barcelona adalah klub dengan sejarah yang hebat dan pelatih ini saat ini mencemari kebaikan Barcelona dengan rekor buruk. Kami perlu pelatih kelas dunia yang bisa membangkitkan," tulis John Rayban. 

Kekesalan penggemar Barca sejatinya sudah bermula sejak tim sepak bola kesayangan mereka gagal lolos ke babak final Liga Champions 2018/19 usai dikalahkan Liverpool di babak semifinal.

Meski sukses memberikan sejumlah gelar bergengsi kepada Barcelona di kancah domestik, namun Valverde tetap dikritik lantaran gagal membawa El Barca berprestasi di kancah Eropa.

Kegagalan mereka di Copa del Rey itu juga mengubur dalam-dalam impian mereka mendapat treble musim ini, setelah musim ini hanya berhasil mengantongi gelar LaLiga Spanyol.