Liga Indonesia

Hilang Rasa Kepercayaan, Tira Persikabo Dukung Penggunaan VAR di Liga 1

Selasa, 28 Mei 2019 19:22 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Rahmad Darmawan saat konfrensi pers. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Rahmad Darmawan saat konfrensi pers.

INDOSPORT.COM - Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan mengomentari positif wacana penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1. Sebab bagi ia saat ini sedang krisis kepercayaan akan perangkat pertandingan.

PSSI memang mewacanakan penggunaan VAR di Liga 1. bahkan penggunaan VAR sudah disepakati dalam rapat Exco PSSI yang berlangsung di Jakarta beberapa waktu lalu.

Kini perencanaan ini pun disambut positif oleh pelaku sepak bola Indonesia. Tak terkecuali pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan yang mendukung wacana ini.

"Saya mendukung sekali penggunaan VAR di sepak bola Indonesia," buka pria yang kerap disapa RD ini.

Memang bukan tanpa alasan bagi Coach RD menyetujui penggunaan VAR di kancah sepak bola Indonesia. Setidaknya ada tiga alasan mendasar yang penggunaan VAR wajib digunakan di sepak bola Indonesia.

"Penggunaan VAR dengan alasan yang pertama wasit dalam terbantu dalam mengambil keputusan. Kedua, sekaligus mengevaluasi keputusan wasit di lapangan apabila ada kesalahan sehingga bisa direvisi. Ini bukan hal yang tabu," bebernya.

Selain itu, mantan pelatih Persija Jakarta ini melihat adanya krisis kepercayaan yang besar terhadap perangkat pertandingan. Bahkan bila wasit melakukan tindakan benar rasa percaya masih ada di beberapa pihak.

"Saya melihat adanya sebuah krisis kepercayaan, ini yang terjadi menurut saya dan menjadi masalah. Ini yang harus segera diatasi. Mudah-mudahan ini suatu solusi yang baik," tukasnya.