Liga Inggris

Eks Pelatih Southampton Resmi Jadi Tersangka Usai Lecehkan 45 Pemain Muda

Jumat, 31 Mei 2019 16:05 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mantan pelatih tim junior Southampton, resmi menjadi tersangka usai dinyatakan bersalah dalam kasus pelecehan seksual kepada 45 pemain muda.

Menurut pihak kepolisian setempat, Higgins telah melakukan pelecehan kepada anak di bawah umur selama 25 tahun dengan memanfaatkan kekuasaan sebagai penentu pijakan karier sepak bola para pemain muda.

Pria berusia 66 tahun itu melakukan pelecehan seksual berupa menyentuh dan meraba-raba korban yang dilatihnya selama di Southampton dan Petersborough periode 1971-1996.

Inspektur kepolisian Hampshire, Dave Brown, menyatakan bahwa Higgins baru bisa ditangkap lantaran ia memiliki reputasi di dunia sepak bola. Hal ini kabarnya membuat kasus ini sulit diungkap dan si pelaku berhasil melarikan diri selama bertahun-tahun.

“Kami telah mendengar kesaksian dari sejumlah korban. Mereka menggambarkan Higgins sebagai pelatih yang sangat dihormati, tapi mereka juga menggambarkannya sebagai seorang raja karena memegang masa depan yang lantas disalahgunakan untuk kebutuhan seksual,” kata Brown.

Melansir dari laman Sport24, pernyataan tersebut juga diperkuat oleh legenda Southampton, Matt Le Tissier, yang mengatakan bahwa ia pernah menjadi korban nafsu bejat Higgins.

Selain itu, terdapat isu yang beredar bahwa pihak manajemen klub terlalu banyak memberikan kekuasaan kepada Higgins yang membuatnya bertindak seenaknya.