Liga Indonesia

Kinerja Wasit Mendapat Sorotan, PSSI Terus Lakukan Evaluasi

Sabtu, 1 Juni 2019 14:25 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Sudjarwo/INDOSPORT
Penalti yang dimbil pemain Persipura saat melawan PSS Sleman di pekan ketiga Liga 1 2019, Jumat (31/05/19). Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Penalti yang dimbil pemain Persipura saat melawan PSS Sleman di pekan ketiga Liga 1 2019, Jumat (31/05/19).

INDOSPORT.COM - Kinerja wasit di kompetisi sepak bola Liga 1 2019 terus mendapat sorotan. Banyak klub yang tidak puas akan kepemimpinan sang pengadil di tengah lapangan.

Terkait hal ini PSSI selaku induk federasi sepak bola Indonesia tidak tutup mata. Melalui Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria bahwa PSSI terus melakukan evaluasi.

"Tidak hanya hal-hal yang disoroti, banyak juga kesalahan-kesalahan teknis yang dievaluasi," buka Tisha.

"Seperti 2018, PSSI punya tiga penilaian dari referee assesor, dan ada 2 penilaian dari referee assesor dari Jepang yang kami hire. Dari ketiga penilaian itu kami kombinasikan dengan penilaian dari komite wasit setiap pekannya," jelasnya.

Bahkan bukti dari tidak tutup matanya PSSI akan kinerja wasit di Liga 1, selepas Hari Raya Idulfitri PSSI kembali memanggil wasit. Setidaknya PSSI akan melakukan evaluasi kinerja wasit selama tiga pekan Liga 1 berjalan.

"Di tanggal 10 Juni kami akan evaluasi wasit dari pekan 1-3. Ada beberapa nama yang akan dipanggil, akan kami panggil dan evaluasi," tutupnya.