Liga Indonesia

Didier Zokora, Bintang Piala Dunia yang Mengakhiri Karier di Liga Indonesia

Selasa, 4 Juni 2019 11:38 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Isman Fadil
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Didier Zokora saat membela klub Semen Padang di kompetisi Liga 1 2017. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Didier Zokora saat membela klub Semen Padang di kompetisi Liga 1 2017.

INDOSPORT.COM – Didier Zokora menjadi salah satu bintang sepak bola dunia yang memilih mengakhiri karier di Liga Indonesia. Eks penggawa Timnas Pantai Gading itu menjadikan klub Semen Padang sebagai pelabuhan terakhir kariernya di lapangan hijau.

Zokora datang ke Indonesia pada tahun 2017 lalu ketika kebijakan marquee player diberlakukan di kompetisi Liga 1 2017. Bersama deretan pemain top dunia lainnya seperti Michael Essien, Carlton Cole, dan juga Mohammed Sissoko, Zokora memberikan warna tersendiri pada kompetisi Liga 1 2017.

Zokora didatangkan oleh klub Semen Padang setelah sebelumnya pemain kelahiran Abidjan itu bermain di kompetisi Indian Super League (ISL) bersama klub North East United dan Pune City.

Sebelum hijrah ke Indonesia, catatan karier Zokora memang terbilang menterang. Ia pernah bermain di Liga Primer Inggris bersama Tottenham Hotspur, dan juga di kompetisi LaLiga Spanyol bersama Sevilla.

Zokora juga merupakan bagian skuat Timnas Pantai Gading di ajang Piala Dunia 2010 yang digelar di Afrika Selatan.

Dengan label jebolan Piala Dunia, Zokora diharapkan bisa menularkan ilmunya kepada pemain-pemain lain di skuat Semen Padang. Namun sayangnya, atmosfer Liga Indonesia sepertinya tidak cocok untuk kompatriot Didier Drogba di Timnas Pantai Gading tersebut.

Pada kompetisi Liga 1 2017, Zokora hanya bermain dalam 11 pertandingan saja, tanpa ada sumbangan gol maupun assist. Ia bahkan lebih banyak mengoleksi kartu kuning daripada gol, yakni tiga kali menerima kartu kuning.

Akibat penampilan buruknya di awal kompetisi Liga 1 2017, Zokora pun hanya bertahan selama setengah musim di Semen Padang. Menjelang bergulirnya putaran dua Liga 1 2017, manajemen Kabau Sirah memutuskan melepas pemilik 123 caps dan satu gol bersama Timnas Pantai Gading tersebut.

Seusai diputus kontrak Semen Padang, Zokora lantas memutuskan gantung sepatu. Semen Padang dan Liga Indonesia pun menjadi lembaran penutup pemain yang pernah meraih gelar juara Piala Liga Inggris bersama Tottenham Hotspur dan trofi Copa del Rey bersama Sevilla tersebut.