Liga Spanyol

Gempar! LaLiga Diguncang Match Fixing, Laga Real Valladolid vs Valencia Sudah Diatur

Selasa, 4 Juni 2019 14:56 WIB
Editor: Juni Adi
© Mundo Deportivo
Selebrasi pemain Valencia, usai mencetak gol ke gawang Real Valladolid di pekan terakhir LaLiga. Copyright: © Mundo Deportivo
Selebrasi pemain Valencia, usai mencetak gol ke gawang Real Valladolid di pekan terakhir LaLiga.

INDOSPORT.COM - Duni sepak bola internasional, khususnya di Spanyol tengah digemparkan dengan adanya temuan pengaturan skor atau match fixing di salah satu pertandingan LaLiga musim ini.

Dalam sebuah laporan investigasi yang dimuat oleh El Mundo Deportivo, salah satu pertandingan di pekan terakhir LaLiga 2018/19 antara Real Valladolid vs Valencia hasilnya diduga telah diatur.

Berlangsung di Stadion Jose Zorrilla, pertandingan itu berhasil dimenangkan oleh Valencia dengan skor 0-2. Namun, gol-gol yang tercipta di menit ke-36 dan ke-52 itu terdapat sejumlah kejanggalan seperti berbuah dari kesalahan pemain Valladolid.

Hal tersebut membuat pihak kepolisan Spanyol langsung melakukan investigasi, terhadap sebuah rekaman telepon milik mantan seorang pesepakbola, Carlos Aranda yang diduga sebagai dalangnya.

Dalam rekaman tersebut, diungkap kalau ada tujuh pemain Real Valladolid yang telah disuap untuk memberikan kemenangan terhadap Valencia.

"Dengar, Valencia akan menang di babak pertama dan kedua, oke?," ujar Carlos Aranda, dalam percakapan telepon tersebut.

"Jadi, mereka harus mencetak dua gol di dua babak itu, mereka menang di babak pertama dan kedua," seperti dikutip dari El Mundo Deportivo.

Adapun motif pengaturan skor ini dilakukan untuk memuluskan langkah Valencia lolos ke Liga Champions, karena Valladolid sendiri telah terhindar dari zona degradasi sehingga jika kalah mereka tetap bertahan di LaLiga musim depan.

Tak hanya sampai disini, pihak kepolisian Spanyol terus mendalami kasus pengaturan skor ini. Dari penyelidikan terbaru, ada beberapa pemain, staf serta jajaran eksekutif klub di LaLiga dan Segunda Division yang sudah ditanggap.

Selain Real Valladolid vs Valencia, pihak berwajib Spanyol juga menyatakan masih akan melakukan investigasi lagi terhadap tiga pertandingan lain di LaLiga yang terindikasi match fixing dan diragukan kemurniannya.