Bukan Ketupat, Ini Menu Wajib Bek Bhayangkara di Hari Lebaran

Rabu, 5 Juni 2019 10:40 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Penggawa Bhayangkara FC, Alsan Sanda dan momen ketika menjuarai Liga 1 2017. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Penggawa Bhayangkara FC, Alsan Sanda dan momen ketika menjuarai Liga 1 2017.

INDOSPORT.COM - Tepat pada hari ini, Rabu (05/06/19) seluruh umat Islam di dunia merayakan hari raya Idul Fitri atau biasa dikenal dengan lebaran. Momen ini biasanya dimanfaatkan banyak orang untuk berkumpul bersama keluarga dan bersama-sama berbagi cerita maupun menikmati hidangan spesial.

Momen lebaran ini pun dirayakan secara spesial oleh bek Bhayangkara FC, Alsan Sanda. Pemain 26 tahun itu memilih pulang ke kampung halamannya, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) guna berkumpul dan menjalani solat ied dengan keluarga.

Dalam momem kumpul keluarga di lebaran ini, Alasan mengatakan ada menu makanan khas Kupang yang harus disajikan. Makanan tersebut bukanlah ketupat, melainkan kalesong.

Kalesong adalah sejenis lontong tetapi lebih panjang dan dibungkus daun kelapa muda. Menurut Alsan, rasa Kalesong sangat unik dan sebaiknya dinikmati dengan sate serta bumbu kacang. Terlebih, Kalesong terkadang hanya dijual ketika bulan Ramadan.

"Kalau di sini saat lebaran itu kami makan makanan khas. Ada namanya kalesong, boras, dan teus. Disajikannya dengan opor ayam. Itu sudah nikmat," kata Alsan.

Selain berkumpul dan menikmati hidangan spesial di lebaran, Alsan juga memanfaatkan momen pulang kampung untuk melakukan tradisi secara turun temurun yakni berziarah ke makam keluarganya. 

Alsan dan para pemain Bhayangkara mendapatkan libur sejak 29 Mei hingga 8 Juni 2019 mendatang. Pelatih Bhayangkara FC, Alfredo Vera telah menjadwalkan kembali berlatih di Jakarta pada 9 Juni sebagai persiapan untuk menghadapi Persela Lamongan di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat, pada 15 Juni mendatang.