Liga Indonesia

Dolega, Pemain Asing Pertama Persib Bandung di Liga Indonesia

Rabu, 5 Juni 2019 14:45 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© medium
Skuat Persib 2003, dengan Dolega yang diberi lingkar merah. Copyright: © medium
Skuat Persib 2003, dengan Dolega yang diberi lingkar merah.

INDOSPORT.COM - Sempat bertahan dengan pemain lokal, Persib Bandung akhirnya mendatangkan pemain asing pertamanya yang bernama Maciej Dolega di musim 2003.

Persib sempat konsisten menggunakan pemain lokal 100 persen, meski kran pemain asing telah diperbolehkan di Liga Indonesia sejak musim 1994/95. Namun akhirnya Persib tak kuasa dan turut menggunakan jasa pemain asing, seiring semakin berkembangnya industri sepak bola di Indonesia.

Hal itu dilakukan klub kebangaan Bobotoh itu pada Liga indonesia 2003. Saat itu Persib mendatangkan tiga pemain asing asal Polandia, di mana Maciej Dolega adalah salah satu nama pertama di antaranya. Dolega didatangkan pelatih Marek Andrejz Sledzianowski bersama Mariusz Mucharsky dan Pavel Bocjian.

© Ridwansaleh.com
Manta Pelatih Persib Marek Andrejz Sledzianowski (2003) Copyright: Ridwansaleh.comMantan Pelatih Persib Marek Andrejz Sledzianowski (2003)

Sempat menghadirkan euforia di kalangan Bobotoh, kehadiran Dolega dan kawan-kawan justru membawa kisah yang buruk buat Persib Bandung

Di Liga 1 2003 itu, Persib Bandung bahkan harus mengawali musim dengan 12 laga tanpa kemenangan. Di tengah kompetisi Dolega bersama dua kompatriotnya beserta pelatih Marek Andrejz Sledzianowski akhirnya didepak.

Penggantinya, pelatih asal Chile Juan Antonio Paez pun menghadirkan nama-nama pemain asing baru, yang mayoritas berasal dari Chile, seperti salah satunya Alejandro Tobar.

Usai didepak Persib, Dolega pun kembali ke negaranya memperkuat Drweca Nowe Miasto Lubawskie. Sebelum akhirnya pensiun pada Juli 2004.