Liga Indonesia

3 Stadion di Indonesia yang Tak Selesai-selesai Dibangun

Kamis, 6 Juni 2019 11:01 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Annisa Hardjanti/INDOSPORT
Papan reklame di lahan tempat Stadion BMW dibangun. Copyright: © Annisa Hardjanti/INDOSPORT
Papan reklame di lahan tempat Stadion BMW dibangun.

INDOSPORT.COM - Pembangunan stadion hingga berujung mangkrak sering terjadi di Indonesia. Berikut 3 stadion yang pembangunannya tak kunjung selesai. 

Stadion adalah salah satu elemen penting dalam sepak bola. Di dunia sepak bola modern, stadion bahkan harus diverifikasi kelayakannya untuk menggelar pertandingan resmi. 

Indonesia dewasa ini sudah banyak memiliki stadion dengan kapasitas dan kualitas yang mumpuni. Stadion-stadion ini mulai terlihat mencolok sejak Liga 1 2017 lalu. 

Banyaknya stadion yang berkualitas di Indonesia saat ini tak lepas dari perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON). Setidaknya Stadion Gelora Sriwijaya (PON 2004), Stadion Palaran (PON 2008), Stadion Utama Riau (PON 2012), Stadion Wibawa Mukti, Stadion Patriot, Stadion Pakansari, dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (PON 2016), serta Stadion Papua Bangkit (PON 2020) adalah produk dari PON. 

Tetapi, masih banyak juga stadion yang tak layak di Indonesia. Bahkan ada 3 stadion yang hingga kini belum rampung pembangunannya. 

Stadion Barombong - Makassar

Stadion Barombong menjadi salah satu stadion yang tak kunjung selesai dibangun. Padahal, Stadion Barombong sudah mulai dibangun pada tahun 2011. 

Sudah 8 tahun lamanya Stadion Barombong tak kunjung selesai. Bahkan pada tahun 2017 salah satu bagian tribun stadion ambruk karena cuaca buruk. 

Stadion Watubelah - Cirebon

Stadion Watubelah seharusnya juga digunakan pada PON 2016 Jawa Barat. Akan tetapi stadion ini tak kunjung rampung pembangunannya hingga kini. 

Padahal Stadion Watubelah sudah dibangun sejak tahun 2012 lalu. Yang dapat dilihat dari Stadion Watubelah saat ini adalah tribun yang belum rampung, dan rumput sintetis yang sudah terpasang.  Rencananya, Stadion Watubelah akan dilanjutkan pembangunannya pada tahun 2019 ini. 

Stadion BMW

Stadion yang diproyeksikan menjadi kandang bagi Persija Jakarta ini sudah mulai digadang-gadang akan dibangun pada tahun 2013 atau di era Gubernur Fauzi Bowo. 

Pada masa Gubernur Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama, Stadion BMW belum menunjukkan progres pembangunan yang memadai. 

Setelah berganti Gubernur menjadi Anies Baswedan, Stadion BMW atau disebut akan bernama Jakarta International Stadium sudah melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking. 

Baru beberapa pekan menjalani proses pembangunan, Stadion BMW kembali terganjal pembangunannya karena masalah sengkata hukum. Padahal stadion ini diharapkan bisa selesai pada tahun 2021 mendatang. 

IDS Emoticon Suka
Suka
29%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
14%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
14%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
14%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
29%