Liga Indonesia

Dibangun Sejak Zaman Belanda, Ini 3 Stadion Tertua di Indonesia

Kamis, 6 Juni 2019 13:01 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Yukepo
Stadion Tambaksari Surabaya. Copyright: © Yukepo
Stadion Tambaksari Surabaya.

INDOSPORT.COM - Stadion di Indonesia sudah puluhan jumlahnya hingga kini. Berikut 3 stadion tertua di Indonesia. 

Stadion merupakan salah satu faktor penting dalam pertandingan olahraga, terutama sepakbola. Bahkan stadion merupakan hal utama yang harus dimiliki oleh sebuah negara agar dapat mengajukan diri menjadi tuan rumah sebuah event olahraga.

Secara etimologi stadion berasal dari sebuah kata dalam bahasa Yunani, yakni satuan pengukuran yang setara dengan panjang 186 meter, atau dalam bahasa Inggris disebut stadium. 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) stadion berarti lapangan olahraga yang dikelilingi tempat duduk. Secara umum stadion berarti lapangan atau tempat olahraga, dengan atau tanpa atap yang dikelilingi oleh bangku-bangku sebagai tempat duduk penonton.

Di Indonesia, stadion mulai menjadi menjamur sejak tahun 1900-an atau saat masih zaman penjajahan Belanda. Setidaknya ada 3 stadion di Indonesia yang dibangun pada zaman kolonial Belanda

1. Stadion Gelora 10 November - Surabaya

Bermula dari Lapangan Tambaksari pada tahun 1920-an, Stadion Gelora 10 November mulai menjadi stadion pada tahun 1954. 

Stadion itu selain jadi markas tim Persebaya sampai 2017 sebelum pindah ke Gelora Bung Tomo juga menjadi venue bagi beragam kegiatan di Surabaya. 

Mulai dari Pengajian Nuzulul Quran 1990, hingga konser World Tour band Sepultura pada tahun 1992.

2. Stadion Gajayana - Malang

Stadion Gajayana merupakan salah satu stadion tertua di Indonesia. Stadion yang terletak di Kota Malang ini sudah dibangun sejak tahun 1924 hingga 1926. 

Stadion ini pertama kali mengalami renovasi cukup besar pada tahun 1990. Kemudian pada tahun 2007 Stadion Gajayana kembali direnovasi dan kapasitasnya bertambah menjadi 30.000 penonton. 

3. Stadion Sriwedari - Solo 

Melihat sejarah stadion-stadion di Indonesia, satu stadion yang tak boleh dilupakan adalah Stadion Sriwedari. Salah satu stadion tertua di Tanah Air ini menjadi saksi bisu sejumlah event olahraga besar di Indonesia. 

Stadion yang terletak di Kota Surakarta ini lebih tua usianya daripada Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Stadion Sriwedari mulai dibangun pada tahun 1932, sedangkan SUGBK baru dibangun pada tahun 1960. 

Stadion Sriwedari sebagai salah satu stadion tertua di Indonesia pernah menggelar PON I, FESPIC Games 1986, dan ASEAN Paragames 2011.