Liga Indonesia

Sedang Direnovasi, 2 Stadion Ini Akan Lebih Megah dari Sebelumnya

Kamis, 6 Juni 2019 12:01 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Ronald Seger/INDOSPORT
Progres renovasi Stadion Manahan. Copyright: © Ronald Seger/INDOSPORT
Progres renovasi Stadion Manahan.

INDOSPORT.COM - Stadion Manahan (Solo) dan Stadion Jatidiri (Semarang) sedang dalam tahap renovasi. 2 stadion ini akan lebih megah dari sebelumnya usai renovasi nanti. 

Renovasi menjadi hal yang lumrah bagi sebuah bangunan, termasuk sebuah stadion sepak bola. Saat ini ada dua stadion yang sedang menjalani renovasi. 

Kebetulan, 2 stadion tersebut berlokasi di Jawa Tengah. 2 stadion tersebut adalah Stadion Manahan (Solo) dan Stadion Jatidiri (Semarang).  Setelah selesai direnovasi nanti, 2 stadion tersebut akan tampil lebih modern dan megah. 

Stadion Manahan - Solo

Stadion Manahan (Solo) yang selesai dibangun pada tahun 1998 telah mulai direnovasi pada tahun 2018 lalu. Nantinya setelah selesai direnovasi, tribun Stadion Manahan seluruhnya akan tertutup dengan atap. 

Selain atap di seluruh penjuru tribun, yang baru dari Stadion Manahan adalah rumputnya. Rumput akan memakai Zoysia Matrella dan bukan lagi rumput bermuda. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Stadion Manahan Solo 🔵 (@stadion.manahan.solo) on

Penerangan juga akan ditambah hingga 1.500 lux nantinya. Hanya saja, kapasitas stadion akan berkurang menjadi 20.000 penonton saja dengan kursi tunggal atau single seat. Kursi di Stadion Manahan nantinya akan membentuk motif batik kawung khas Solo. 

Stadion Jatidiri - Semarang

Stadion Jatidiri akan bertambah kapasitasnya menjadi 45.000 penonton setelah selesai direnovasi. Kapasitas tersebut bertambah karena Stadion Jatidiri akan memiliki tribun tiga tingkat.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Stadion Jatidiri Semarang (@stadionjatidirismg) on

Awalnya Stadion Jatidiri hanya berkapasitas 21.000 penonton. Rumput Zoysia Matrella yang juga dipakai di Gelora Bung Karno akan digunakan di Stadion Jatidiri. Tampilan luar stadion didesain dengan ciri khas Jawa, yakni kanopi berbentuk gunungan wayang.