Liga Indonesia

Berolahraga Saja Tak Cukup, Ini Dia 4 Poin Sehat Ala Bams Eks Samsons

Jumat, 7 Juni 2019 16:45 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Indra Citra Sena
© Instagram @bams_1606
Bams Samsons (tengah) berpose bareng rekan-rekannya. Copyright: © Instagram @bams_1606
Bams Samsons (tengah) berpose bareng rekan-rekannya.

INDOSPORT.COM - Tidak banyak yang tahu bahwa eks vokalis dari salah satu band ternama Indonesia, Samsons, Bambang Reguna Bukit, atau yang kerap disapa Bams ternyata mempunyai cukup pengetahuan terkait olahraga. 

Berprofesi sebagai penyanyi dan pebisnis, pengetahuan Bams tentang olahraga itu tidak lepas karena hobi yang luar biasa sejak kecil. 

Mengalami banyak suka duka dalam berolahraga dan memulai gaya hidup sehat sejak kecil. Pemilik usaha di bidang olahraga dan kesehatan ini pun mencoba berbagi tips-tips sehat ala dirinya khusus untuk INDOSPORT

1. Hati-hati dalam Memilih Makanan

"Bukan hanya sekadar empat sehat lima sempurna, kalau pilih dan beli makan harus pintar. Bukan cuma yang kelihatan sehat dan jangan percaya labelnya saja. Baca bahannya terlebih dahulu dan lihat ada yang bahaya untuk tubuh atau tidak," ujar Bams. 

Menurut Bams, dalam dunia yang serba instan kini memilih makanan, terutama dalam kemasan, harus ekstra hati-hati. Terlebih mereka yang sedang menjalani program diet, komposisi lemak, karbohidrat, protein, dan kandungan lainnya harus diperhatikan dengan baik. 

"Memulai hidup sehat yang paling gampang itu bukan olahraga, tapi tetap harus menjaga makanan," jelasnya. 

2. Olahraga Semampunya 

"Berlebihan juga tidak baik, olahraga semampunya saja. Yang paling penting pas pakai baju sudah kelihatan bagus berarti itu sudah sehat. Haha," tuturnya sembari tertawa. 

Tips cukup unik Bams ambil dari pengalaman pribadinya karena berolahraga secara berlebihan akan berdampak buruk. Dia pernah mengalami cedera ligamen lutut anterior pada 2014.

3. Tidur dan Istirahat yang Cukup

"Istirahat itu penting," ucapnya singkat. 

Bukan hanya pola makan dan olahraga yang dijaga, jam istirahat yang cukup menjadi salah satu penunjang untuk menjalani pola hidup sehat. 

4. Jaga "Stress Level" dengan Baik

"Pikiran itu bisa mempengaruhi kesehatan secara fisik, jadi kalau mau menjalani hidup sehat itu saya selalu bilang untuk pintar-pintar jaga stress level,"

Pengendalian emosi yang cerdas dibutuhkan untuk menjalani pola hidup sehat yang baik. 

Menurut pria berusia 35 tahun ini, pola makan, olahraga, dan istirahatnya yang cukup akan percuma jika emosi dan pikiran masih belum bisa dikelola dengan baik.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%