Liga Indonesia

Dari Pelatih Tim Junior hingga Kiper, Ini Rekam Jejak Kepelatihan Julio Banuelos Saez

Sabtu, 8 Juni 2019 16:47 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© apoel.net
Julio Banuelos Saez (kiri) bersama Thomas Christiansen. Copyright: © apoel.net
Julio Banuelos Saez (kiri) bersama Thomas Christiansen.

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta telah mendapat pelatih baru setelah sebelumnya mendepak Ivan Venkov Kolev dari jabatan pelatih, Senin (03/06/19) lalu.

Macan Kemayoran menunjuk pelatih berkebangsaan Spanyol bernama Julio Banuelos Saez. Pelatih 48 tahun ini dikontrak selama semusim oleh Persija. 

Pengumuman bergabungnya Julio dilakukan Macan kemayoran melalui unggahan foto dan video di akun Instagram resmi klub, Sabtu (08/06/19). 

Nama Julio Banuelos sejatinya tidaklah asing di sepak bola Indonesia. Ia pernah menjadi salah satu asisten Luis Milla di Timnas Indonesia. 

Namun, jauh sebelum itu, ia telah malang melintang di dunia kepelatihan baik di Spanyol maupun belahan Eropa lainnya.  

Awal Karier

Setelah pensiun sebagai pemain, Julio Banuelos ditunjuk sebagai pelatih tim junior klub dari Catalonia, UE Lleida. Belum ada setahun, pada 25 April 2001 ia pindah ke klub Deportivo Alaves untuk menangani tim muda setempat.

Julio Banuelos melakukan pekerjaan yang cukup baik di Alaves. Setelah lima musim memegang tim junior, ia diangkat menjadi caretaker tim senior alias utama, tepatnya pada 5 Juni 2006. 

Akan tetapi, ia hanya bertugas dalam dua pertandingan kompetisi Segunda (kasta kedua LaLiga) sebelum akhirnya berhenti karena alasan personal. 

Dua tahun berselang, tepatnya Agustus 2008, Julio kembali diminta untuk menangani tim utama Alaves. 

Tugasnya sebagai pelatih kepala di Alaves hanya sebentar karena ia kemudian pindah ke klub CD Mirandes. Ia mendapatkan kesuksesan dengan membawa Mirandes promosi.

Julio sempat melatih beberapa klub lagi di Spanyol sampai tahun 2013. Setelah itu, pada 2014 ia memutuskan untuk hijrah ke Liga Siprus. 

Asisten Pelatih 

Di Siprus, ia mengalami 'penurunan' jabatan. Dari pelatih kepala, ia menjadi asisten pelatih. 

Klub Siprus pertama yang diangani adalah AEK Larnaca. Ia menjadi asisten dari pelatih utama Larnaca, Thomas Christiansen, pada 23 Mei 2014. 

Duetnya dengan Christiansen terbilang sukses dengan membawa AEK Larnaca menjadi runner-up liga dua musim beruntun. 

Keduanya pun pindah ke klub raksasa Siprus, APOEL FC, di mana mereka berhasil mempersembahkan gelar juara Liga Utama Siprus. 

Atas prestasi ini, klub Divisi Championship Inggris, Leeds United, pun kepincut. Leeds mendatangkan Christiansen dan Julio Banuelos pada 19 juni 2017 untuk menangani tim di musim 2017/18. 

Sayang, Divisi Championship terlalu tangguh bagi mereka. Sebelum liga berakhir, keduanya dipecat dan berpisah jalan. 

Pelatih Kiper

Langkah mengejutkan diambil Julio selepas dari Leeds United. Pada tahun yang sama ia meninggalkan Inggris, Julio Banuelos didatangkan ke Indonesia untuk menjadi asisten pelatih Luis Milla di Timnas Garuda. 

Namun, berebada dari klub-klub sebelumnya, posisi Julio di Timnas adalah sebagai pelatih kiper menggantikan Eduardo Perez. 

Karier Julio Banuelos di timnas hanya berjalan seumur jagung lantaran Luis Milla tidak diperpanjang kontraknya. 

Kini, Julio kembali berkarier di Indonesia menangani salah satu klub favorit juara, Persija Jakarta, untuk kompetisi Liga 1 musim 2019.