Bola Internasional

Gagal Juara UEFA Nations League, Van Dijk Tetap Bangga dengan Belanda

Senin, 10 Juni 2019 08:10 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Getty Images
Gol Virgil van Dijk saat memperkuat Belanda di UEFA Nations League 2018/19. Copyright: © Getty Images
Gol Virgil van Dijk saat memperkuat Belanda di UEFA Nations League 2018/19.

INDOSPORT.COM - Bek andalan sekaligus kapten tim nasional Belanda, Virgil Van Dijk, tetap merasa bangga terhadap negaranya meski gagal merengkuh trofi UEFA Nations League 2018/19.

Belanda baru saja dikalahkan Portugal dengan skor 0-1 di final UEFA Nations League yang berlangsung di Stadion Do Dragao, Porto, Minggu (9/6/19) dini hari WIB.

Gol semata wayang Goncalo Guedes memupus harapan Belanda untuk mengangkat trofi perdana turnamen antarnegara sekaligus mengakhiri penantian selama 31 tahun sejak menjuarai Euro 1988.

Belanda sejatinya berpeluang mencetak gol penyeimbang, namun tim tuan rumah berhasil bertahan dengan baik hingga akhir pertandingan dan membawa mereka menuju kemenangan gelar.

“Kami jelas kecewa, tapi tetap harus mengucapkan selamat kepada Portugal,” kata Van Dijk setelah pertandingan seperti dilansir dari Sport Independent.

“Kami kurang beruntung, tapi kami sangat bangga dengan diri kami sendiri,” lanjut bek yang belum lama ini menjuarai Liga Champions 2018/19 bersama Liverpool. 

“Saya tidak mengira semua orang percaya pada kami sejak awal turnamen jika kami mengatakan kami akan mencapai final. Saya pikir kami sudah membuat perkembangan yang bagus,” pungkasnya.

Hasil ini turut memperpanjang rekor Belanda sebagai spesialis runner-up dalam turnamen antarnegara, termasuk ketika mereka gagal meraih trofi Piala Dunia edisi 1974, 1978, dan 2010.