Liga Indonesia

3 Pemain Timnas Indonesia yang Patut Dicadangkan Saat Lawan Vanuatu

Sabtu, 15 Juni 2019 16:09 WIB
Editor: Juni Adi
© Instagram/@bangbes
Timnas Indonesia saat menjalani laga persahaba Copyright: © Instagram/@bangbes
Timnas Indonesia saat menjalani laga persahaba

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akan kembali melakoni laga uji coba resmi FIFA, melawan Vanuatu pada Sabtu (15/06/19) malam WIB. Tiga pemain Indonesia berpotensi dicadangkan oleh Simon McMenemy.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), ini merupakan pertandingan kandang pertama Timnas Indonesia sepanjang tahun 2019 ini.

Kemenangan akan jadi target wajib tim besutan Simon McMenemy, untuk mengobati rasa kecewa mereka setelah beberapa hari lalu meraih hasil kurang memuaskan.

Sebab, sebelum menjamu Vanuatu, Timnas Indonesia lebih dahulu melakoni pertandingan uji coba melawan Yordania di Stadion Internasional King Abdullah, pada Selasa (11/06/19) lalu.

Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia tak bisa berbuat banyak. Mereka takluk dengan skor telak 1-4. Gol tunggal Timnas Indonesia disumbangkan oleh Alberto Goncalves di babak kedua, melalui titik putih.

Tak ingin mendulang hasil serupa, pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy diwajibkan melakukan sejumlah perubahan strategi, termasuk merombak 11 pemain yang akan diturunkan sejak menit awal.

Hal itu karena ada beberapa pemain yang tampil kurang memuaskan, kala tampil melawan Yordania. Apalagi dari segi kualitas, Timnas Indonesia di atas kerta jauh lebih baik dari Vanuatu.

Berikut tiga pemain yang sepatutnya dicadangkan oleh pelatih asal Skotlandia tersebut:

1. Andritany Ardhiyasa

Kualitas seorang Andritany Ardhiyasa sebagai salah satu kiper terbaik di Indonesia, sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun satu tahun terakhir, konsistensinya mulai diragukan saat tampil bersama Timnas Indonesia di level internasional.

Ia beberapa kali sempat melakukan sejumlah blunder fatal, termasuk di laga uji coba terbaru Timnas Indonesia melawan Yordania. 

Dalam kekalahan 4-1 itu, salah satu gol Yordania tercipta karena kesalahan Andritany yang bermaksud ingin membuang bola hasil backpass Novri Setiawan pada menit ke-63.

Namun nahas, tendangannya tidak sempurna sehingga mampu direbut oleh pemain lawan dan mengkonversinya menjadi gol.

Hal tersebut membuat Simon McMenemy patut mencadangkan Andritany, dan memberi kesempatan kiper lainnya yaitu Awan Setho.

2. Rudolof Yanto Basna

Bermain dengan formasi 3-4-3 saat melawan Yordania, rupanya tidak membuat Timnas Indonesia tampil baik. Sejumlah lini masih kerap kerepotan untuk meladeni permainan taktis Yordania, khususnya di sektor belakang.

Tiga bek yang dipasang Simon McMenemy yaitu Yanto Basna, Achmad Jufriyanto dan Hansamu Yama tampil kurang buruk. Benteng pertahanan mereka mudah diobrak-abrik anak asuh Vital Borkelmans.

Salah satu pemain yang tampil mengecewakan adalah Rudolof Yanto Basna. Bek yang berkarier di Thailand itu tidak cukup tangguh, kala menghadang serangan-serangan lawan.

Bahkan, Yanto Basna sempat melakukan kesalahan fatal ketika gagal melakukan marking pemain Yordania, pada menit ke-41.

Basna mudah terkecoh, dan terjatuh sebelum pemain Yordania melepaskan tendangan ke gawang Andritany. Dalam laga itu, Yordania menang 4-1 atas Timnas Indonesia.

3. Dedik Setiawan

Selain lini belakang, sektor depan juga wajib diperbaiki oleh Simon McMenemy sebelum menjamu Vanuatu. Dedik Setiawan yang diplot jadi ujung tombak tunggal di laga uji sebelumnya, belum mampu memberikan kontribusi yang baik.

Penyerang milik Arema FC itu gagal menunjukan taringnya saat melawan Yordania, sehingga ditarik oleh Simon pada menit ke-78, dan digantikan oleh Irfan Bachdim.

Selain Bachdim, Simon juga memasukan satu penyerang lainnya yaitu Alberto Goncalves. Meski sudah tidak muda lagi, Beto rupanya masih cukup tajam sebagai seorang striker.

Satu gol ia ciptakan ke gawang Yordania, dari titik putih. Namun gol itu gagal menolong Timnas Indonesia menghindari kekalahan 4-1 di laga tersebut.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%