Liga Indonesia

Bambang Pamungkas Ungkap 2 Masalah Utama Sepak Bola Indonesia

Sabtu, 15 Juni 2019 18:20 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Persija
Bambang Pamungkas menyebut ada dua hal yang menghambat perkembangan sepak bola Indonesia. Copyright: © Persija
Bambang Pamungkas menyebut ada dua hal yang menghambat perkembangan sepak bola Indonesia.

INDOSPORT.COM – Mantan striker Timnas Indonesia yang saat ini memperkuat Persija Jakarta Bambang Pamungkas mengungkapkan pendapatnya tentang sepak bola Tanah Air. Menurutnya ada dua masalah dasar yang saat ini membuat prestasi dunia kulit bundar Tanah Air jalan di tempat.

Pemain sepak bola asal Kabupaten Semarang berpendapat bahwa masalah utama terletak di pola pikir dan pola kerja. Hal ini diungkapkannya melalui website pribadi miliknya pada Sabtu (15/6/2019). Pandangan tentang dua hal tersebut merupakan pemikiran pribadi yang telah ia diskusikan bersama beberapa rekannya.

Bambang Pamungkas memiliki alasan kuat mengapa pola pikir dan pola kerja menjadi masalah utama saat ini. Pola pikir difokuskan pada penyusunan program tentang sepak bola yang ada di Indonesia. Selama ini ia memiliki pendapat bahwa program hanya berjangka pendek.

Pengiriman pemain ke luar negeri serta para politikus yang memanfaatkan sepak bola untuk sebuah kekuasaan adalah hal yang termasuk ke dalam masalah pola pikir.

Menurutnya biaya pengiriman pemain ke luar negeri lebih baik digunakan untuk membangun fasilitas sepak bola di Indonesia yang memiliki dampak berkepanjangan.

Selain itu, bagi para politikus yang memang suka sepak bola lebih baik berpikir kedepan, bukan hanya memanfaatkan sepak bola sebagai alat kampanye.

Sementara dalam hal pola kerja, Bambang Pamungkas berpikir bahwa bangsa ini tidak pernah sabar dalam menjalani sebuah program. Hampir semua program memang dituntut untuk menghasilkan sesuatu secara instant.

Mantan pemain Timnas Indonesia ini mengajak para stakeholder sepak bola untuk merubah pola pikir dengan membuat blue print sepak bola dengan baik dan benar.

Selain itu, Bambang Pamungkas juga menilai pola kerja juga harus diubah dengan cara sabar, tekun, dan menumbuhkan rasa optimisme untuk kemajuan sepak bola Indonesia.