Bola Internasional

Copa America 2019: Tuah Jersey 'Langka' Timnas Brasil di Balik Kemenangan atas Bolivia

Sabtu, 15 Juni 2019 10:27 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Isman Fadil
© Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images
Selebrasi pemain Brasil, Philippe Coutinho usai menjebol gawang Bolivia pada pertandingan Copa America Brazil 2019, Sabtu (15/06/2019). Foto: Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images Copyright: © Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images
Selebrasi pemain Brasil, Philippe Coutinho usai menjebol gawang Bolivia pada pertandingan Copa America Brazil 2019, Sabtu (15/06/2019). Foto: Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images

INDOSPORT.COM – Brasil mengawali Copa America 2019 dengan sempurna setelah mengalahkan Bolivia 3-0 pada laga pembuka Grup A yang digelar di Stadion Morumbi, Sabtu (15/06/19) pagi WIB. Selain kemenangan telak tiga gol tanpa balas, ada hal menarik lain terkait jersey yang dikenakan timnas Brasil ketika menghadapi Bolivia.

Pada laga pembuka Grup A menghadapi Bolivia, Philippe Coutinho dan kolega mengenakan jersey berwarna putih dengan celana biru. Momen Brasil mengenakan jersey putih sebagai seragam tempur mereka di atas lapangan merupakan momen langka.

Terakhir kali Timnas Brasil menggunakan jersey berwarna putih terjadi pada Piala Dunia 1950 yang digelar di negeri mereka sendiri. Kini, setelah hampir tiga dekade, Selecao akhirnya menggunakan jersey putih lagi di pertandingan resmi mereka di Copa America 2019.

Jersey putih yang dikenakan Brasil ketika menghadapi Bolivia di laga pembuka itu sejatinya merupakan jersey kedua mereka. Untuk jersey utama, pemilik lima gelar juara Piala Dunia itu tetap menggunakan warna kuning dengan aksen hijau yang merupakan warna kebesaran Brasil.

Mengenakan jersey putih untuk kali pertama setelah 69 tahun, Brasil pun dinaungi keberuntungan dengan tampil menggila di laga perdana Copa America 2019. Selain sukses menyarangkan tiga gol, Brasil menunjukkan permainan mengesankan ketika menaklukkan Bolivia.

Sempat mengalami kesulitan menembus pertahanan Bolivia di babak pertama, Brasil tampil lebih baik di paruh kedua. Coutinho membuka keunggulan Selecao melalui eksekusi penalti pada menit ke-50. Tiga menit kemudian, penggawa Barcelona itu kembali masuk papan skor setelah mencetak gol keduanya pada menit ke-53.

Brasil menutup kemenangan atas Bolivia melalui gol penyerang muda asal klub Gremio, Everton Sousa, pada menit ke-85. Berkat kemenangan tersebut, Brasil untuk sementara memuncaki klasemen Grup A Copa America 2019 dengan raihan tiga poin.