Liga Indonesia

Jelang Hadapi Vietnam, Lini Belakang Timnas Futsal Indonesia Sisakan Masalah

Senin, 17 Juni 2019 13:40 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© AFC.com
Timnas Futsal Indonesia U-20 saat berhadapan dengan Irak di Piala AFC Futsal U-20 2019, Minggu (16/6/19). Copyright: © AFC.com
Timnas Futsal Indonesia U-20 saat berhadapan dengan Irak di Piala AFC Futsal U-20 2019, Minggu (16/6/19).

INDOSPORT.COM - Tim nasional futsal Indonesia U-20 memang menorehkan hasil ciamik di ajang Piala AFC 2019. Skuat Garuda melaju ke babak 8 besar dengan predikat juara Grup D, melangkahi Chinese Taipei dan Irak.

Pasukan Kensuke Takahashi akan menantang Vietnam di babak 8 besar, Selasa (18/6/19). Meski berhasil lolos, terdapat sedikit permasalahan yang dihadapi timnas futsal Indonesia U-20 mengingat penampilan mereka sejatinya masih jauh dari kata sempurna. 

Sektor pertahanan perlu mendapat perhatian lebih lantaran dibilang masih rapuh, sebab dari dua laga yang dilalui di penyisihan grup, gawang Timnas Indonesia kemasukan empat gol.

Hal ini menjadi keluhan di jajaran pelatih, seperti diutarakan oleh Sayan Karmadi. Dia merupakan asisten Kensuke di timnas yang namanya cukup dikenal di jagat futsal Indonesia.

"Pada babak kedua, Irak memberi tekanan lebih pada pertahanan kami. Kami sedikit panik setelah kebobolan gol awal dan melakukan empat pelanggaran," ucap Sayan.

Sayan menambahkan, meski lini belakang timnas kerap kemasukan gol, dia memuji ketenangan pemainnya. Eks pelatih Black Steel Manokwari tersebut meyakini Rizky Xavier dkk. bisa mengatasi permasalahan ini.

"Pemain kami tetap tenang. Irak memilih permainan yang keras, tapi bisa kami antisipasi. Saya pikir kami bisa menangani permasalahan dengan baik,” tukas Sayan.