Liga Indonesia

3 Pemain Lokal Liga 1 2019 yang Kena Sanksi Komdis PSSI, Gara-gara Apa?

Selasa, 18 Juni 2019 07:20 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© eyesoccer.id
Kapten Persipura Jayapura Boaz Solossa. Copyright: © eyesoccer.id
Kapten Persipura Jayapura Boaz Solossa.

INDOSPORT.COM - Sejauh ini baru tiga pemain lokal Liga 1 2019 yang kena sanksi oleh Komisi Disipilin Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Komdis PSSI) dan gara-gara apa?

Keputusan yang ditetapkan Komdis PSSI berdasarkan beberapa pelanggaran yang terjadi setiap pekan pertandingan Liga 1 2019 (saat ini pekan ketiga).

Hukuman yang didapat tak hanya menimpa klub Liga 1 2019 saja, melainkan dari para pemain ataupun ofisial juga bisa dijatuhkan Komdis PSSI.

Para pemain yang disanksi biasanya akibat perlakuan yang dianggap bisa membahayakan pesepak bola lainnya di lapangan. Hal tersebut diharapkan bisa menjadi bahan evaluasi si pemain.

© pssi.org
Logo Komite Disiplin Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Komdis PSSI). Copyright: pssi.orgLogo Komite Disiplin Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Komdis PSSI).

Sanksi yang diberi kepada pemain bisa juga merugikan klub di laga berikutnya, seperti dilarang tampil dan juga ada denda uang yang mesti dibayar.

Meski begitu sejauh ini ada pemain Liga 1 2019 yang telah mendapatkan sanksi larangan bermain dan denda uang hingga puluhan juta rupiah.

1. Boaz Solossa

© Sudjarwo/INDOSPORT
Kapten Tim Persipura Jayapura, Boaz Solossa saat berlatih di Stadion Mandala. Sudjarwo/INDOSPORT Copyright: Sudjarwo/INDOSPORTKapten Tim Persipura Jayapura, Boaz Solossa saat berlatih di Stadion Mandala. Sudjarwo/INDOSPORT

Menurut hasil sidang Komdis PSSI 26 Mei 2019, striker Persipura Jayapura Boaz Solossa mendapat hukuman usai menendang pemain lawan. Hal itu terjadi di laga Persela vs Persipura, Mei 2019.

Boaz dihukum dua kali dilarang tampil bersama Persipura dan denda hingga Rp10 juta. Tentu saja hal ini merugikan klub dan si pemain sendiri.

2. Sandi Sute

© https://www.instagram.com/indonesia.highlightid/
Detik-detik Sandi Sute Menginjak Evan Dimas Copyright: https://www.instagram.com/indonesia.highlightid/Detik-detik Sandi Sute Menginjak Evan Dimas

Kemudian gelandang Persija Jakarta Sandi Darma Sute yang juga mendapat sanksi berdasarkan hasil sidang Komdis PSSI per 14 Juni 2019.

Sandi Sute melakukan pelanggaran yang begitu berbahaya dengan menginjak pemain lawan pada laga Barito Putera vs Persija, Mei 2019.

Akibat hal tersebut Sandi Sute dilarang bermain sebanyak dua pertandingan dan denda uang dengan nominal Rp10 juta.

3. Elisa Yahya Basna

© https://www.instagram.com/ligaindonesiatv/
Elisa Basna Injak Perut Fredyan Wahyu Copyright: https://www.instagram.com/ligaindonesiatv/Elisa Basna injak perut Fredyan Wahyu di Liga 1 2019.

Terakhir ada bek Persebaya Surabaya Elisa Basna yang juga mendapatkan sanksi atas keputusan hasil sidang Komdis PSSI yang dikeluarkan 14 Juni 2019.

Elisa Basna dengan keras menginjak pemain PSIS Semarang di bagian dada pada 30 Mei lalu. Hal itu membuat Basna dilarang tampil dua laga dan denda Rp10 juta.

Kendati demikian bisa saja di pekan-pekan berikutnya ada pemain lain yang melakukan pelanggaran keras dan berujung sanksi Komdis PSSI. Namun besar harapan para pemain Liga 1 2019 bisa bermain dengan sportif.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%