Bola Internasional

Prediksi Pertandingan 8 Besar Copa America 2019 Brasil vs Paraguay: Ujian Sesungguhnya

Rabu, 26 Juni 2019 14:30 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Prediksi Brasil vs Paraguay. Copyright: © INDOSPORT
Prediksi Brasil vs Paraguay.

INDOSPORT.COM - Turnamen sepak bola paling bergengsi antar negara di benua Amerika Latin, Copa America 2019 telah memasuki babak 8 besar.

Laga pertama fase gugur ini akan mempertemukan tuan rumah Brasil vs Paraguay di Stadion Arena do Gremio pada Jumat (28/06/19) pagi WIB.

Bagi Brasil, pertandingan ini merupakan ujian yang sesungguhnya karena selama babak penyisihan di grup A, mereka tak menemui perlawanan berarti.

Dari tiga pertandingan yang dilakoni, Tim Samba menang 2 kali dan imbang 1 kali. Mengoleksi 7 poin, sudah cukup membuat Brasil lolos dengan status jawara grup.

Meski diunggulkan, bukan berarti Brasil bisa meremehkan calon lawannya itu. Apalagi, tim besutan Tite tak bisa menurunkan skuat terbaiknya lantaran beberapa pemain harus absen, salah satunya adalah Casemiro.

Gelandang enerjik milik Real Madrid itu tidak bisa main, akibat akumulasi kartu kuning karena kerap melakukan pelanggaran keras . Ia pun meminta maaf kepada publik Brasil, karena tidak bisa membantu negaranya di laga krusial.

"Maaf untuk kartu kuning (yang saya terima). Gaya bermain saya di Real Madrid cukup mempengaruhi. Saya harus menjaga pertahanan, menghentikan serangan balik, melakukan pelanggaran taktis dan bermain terbuka," katanya situsi resmi CFB (Asosiasi sepak bola Brasil).

Kondisi berbeda juga tidak jauh berbeda dengan Paraguay. Performa mereka tidak begitu bagus selama babak penyisihan grup, tapi mampu menampilkan permainan yang mengesankan. 

Anak asuh  Eduardo Berrizo mampu menahan imbang Argentina 1-1 dan menahan juara Asia Qatar 2-2. Tapi sayang, kalah di laga terakhir dari Kolombia dengan skor 1-0. Meski catatan performanya tidak memuaskan, tetap saja Brasil wajib waspada dengan Paraguay.

Lima Pertandingan Terakhir Brasil

28 Juni 2019: Peru 0-5 Brasil (Copa America 2019)

23 Juni 2019: Brasil 0-0 Venzuela (Copa America 2019)

15 Juni 2019: Brasil 3-0 Bolivia (Copa America 2019)

10 Juni 2019: Brasil 7-0 Honduras (Uji Coba)

06 Juni 2019: Brasil 2-0 Qatar (Uji Coba)

Lima Pertandingan Terakhir Paraguay

24 Juni 2019: Kolombia 1-0 Paraguay (Copa America 2019)

20 Juni 2019: Argentina 1-1 Paraguay (Copa America 2019)

17 Juni 2019: Paraguay 2-2 Qatar (Copa America 2019)

10 Juni 2019: Paraguay 2-0 Guatemala (uji Coba)

06 Juni 2019: Paraguay 1-1 Honduras (Uji Coba)

Player to Watch

Roberto Firmino (Brasil)

© the telegraph
Roberto Firmino berseragam Timnas Brasil Copyright: the telegraphRoberto Firmino berseragam Timnas Brasil

Kehilangan Neymar, rupanya bukan masalah bagi pelatih Timnas Brasil, Tite karena mereka masih mempunyai sejumlah striker berkualitas lainnya yang bisa menutupi ketergantungan terhadap Neymar.

Salah satunya adalah Roberto Firmino. Meski di dua laga awal tidak mencetak gol di babak penyisihan grup, namun kontribusinya cukup mengesankan, karena membuat kerepotan para bek lawan.

Hingga akhirnya ia mampu mencetak 1 gol di laga terakhir grup A ke gawang Peru. Musim ini, Firmino memang tengah memiliki performa yang fantastis khususnya bersama Liverpool saat menjuarai Liga Champions.

Roberto Fernandez (Paraguay)

© Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images
Kiper timnas Paragauy, Roberto Fernandez melakukan selebrasi Copyright: Chris Brunskill/Fantasista/Getty ImagesKiper timnas Paragauy, Roberto Fernandez melakukan selebrasi

Paraguay memang tidak memiliki banyak pemain bintang kelas dunia seperti Brasil, sehingga pada laga ini mereka tidak diunggulkan. Fakta tersebut bukan berarti Paraguay tidak bisa tampil mengejutkan.

Hanya mampu meraih 2 poin tapi bisa lolos ke 8 besar, adalah buktinya. Apalagi mereka juga memiliki kipert tangguh bernama Roberto Fernandez, yang bisa jadi momok bagi Roberto Firmino cs dalam upayanya menjebol gawang Paraguay. 

Prediksi Susunan Pemain Kedua Tim:

Brasil (4-2-3-1)

Alisson Becker; Filipe Luis, Thiago Silva, Marquinhos Dani Alves; Fernandinho, Arthur Melo; Everton, Philippe Coutinho, Gabriel Jesus; Roberto Firmino.

Paraguay (4-4-1-1)

Roberto Fernandez; Ivan Piris, Junior Alonso, Gustavo Gomez, Santiago Arzamedia; Derlis Gonzales, Rodrigo Rojas, Richard Sanchez, Matias Rojas; Miguel Almiron, Oscar Cardozo.

Prediksi INDOSPORT

Brasil 60%-10%-30% Paraguay